Pendidikan & Kesehatan

Jumat Depan, Cabang Dinas Bojonegoro Umumkan Siswa yang Lolos SMA

Proses pendaftaran ulang di SMA Negeri 1 Bojonegoro serta verifikasi faktual berkas calon peserta didik

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bojonegoro – Tuban Adi Prayitno menyatakan akan merilis jumlah pagu siswa yang lolos ditingkat SMA sederajat pada Jumat (3/7/2020).

“Sekarang data-datanya suda terkumpul di meja saya, jumat depan kami rilis,” ujarnya dihubungi beritajatim.com, Rabu (1/7/2020).

Secara umum, lanjut dia, pagu sekolah tingkat SMA Negeri sederajat yang ada di Kabupaten Bojonegoro tidak terpenuhi. Namun, pihaknya mengaku belum melakukan pemetaan faktor yang menyebabkan pagu tidak terpenuhi.

“Rata-rata pagu SMA Negeri yang belum terpenuhi di kawasan pinggiran. Bisa jadi karena lulusan SMP lebih sedikit dibanding pagu SMA,” terangnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro Sumarmin mengatakan, setelah dilaukan tahap daftar ulang yang juga verifikasi faktual dari jumlah pagu tidak terpenuhi total. Ada tiga calon siswa yang mengundurkan diri. “Tiga calon peserta didik yang mengundurkan diri tidak mlakukan daftar ulang. Mereka memilih menempuh pendidikan di pondok pesantren,” ujarnya.

Tiga calon siswa yang tidak melakukan daftar ulang itu sebelumnya mendaftar melalui jalur zonasi. Sehingga dari jumlah calon peserta didik sebanyak 158 anak, tiga anak tidak melakukan daftar ulang.

Sebelumnya, dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Bojonegoro terjadi polemik. Sejumlah calon orang tua siswa banyak menduga adanya permainan dalam penerbitan Surat Keterangan Domisili (SKD) dan Kartu Keluarga (KK) orang tua sebagai syarat wajib pendaftaran jalur zonasi. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar