Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Jenderal Dudung Berbagi Tips Jadi Pemimpin Sukses

Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Rektor UB Nuhfil Hanani.

Malang (beritajatim.com) – Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjadi pemateri dalam Kuliah Tamu Ketahanan Nasional di hadapan seluruh mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Widyaloka, Rabu, (2/2/2022).

Jenderal Dudung memberikan materi tentang konsep ketahanan sebuah negara. Menurutnya, pertahanan keamanan negara merupakan faktor hakiki. “Tanpa mampu mempertahankan diri terhadap ancaman, negara tidak dapat mempertahankan hidupnya,” kata Jenderal Dudung.

Jenderal Dudung menambahkan, pertahanan negara bukan milik TNI semata karena pertahanan negara punya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mempertahankan sebuah negara seorang pemimpin harus berani mengambil resiko.

“Kalau mengambil sebuah keputusan hasilnya benar berarti itu keputusan yang tepat. Kalau salah, berarti lebih baik daripada tidak berani mengambil resiko sama sekali,” katanya.

Dudung juga memberikan tiga tips kepada mahasiswa UB menjadi pemimpin sukses, yaitu lupakan masa lalu, lakukan yang terbaik hari ini, dan memperjuangkan cita-cita dan harapan.

“Adik adik mahasiswa kedepan adalah calon pimpinan pimpinan yang nantinya akan menggantikan rektor dan dekan sehingga harus punya imajinasi, inovasi, serta visi dan misi. Harus punya cita cita dan harapan yang harus diperjuangkan,” papar Dudung.

Sementara, Rektor UB Nuhfil Hanani mengungkapkan tips kepemimpinan yang disampaikan oleh Jenderal Dudung sangat aplikatif. Dia berharap dengan wawasan yang diberikan Dudung, mahasiswa UB mampu menjadi lulusan yang tangguh dan pintar.

“Dengan kuliah tamu ini semoga mahasiswa mempunyai tambahan pengetahuan dibidang kepemimpinan. Meskipun Jenderal namun paparannya yang diberikan sangat akademis,” tandas Nuhfil. (luc/kun)

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar