Pendidikan & Kesehatan

Jember Punya Dua Desa Produsen Donor Darah

Warga Desa Karangduren, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur, melakukan donor darah, Jumat malam. [foto: PMI Jember]

Jember (beritajatim.com) – Desa Karangduren, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur dikukuhkan menjadi Kampung Donor Darah. Warga di sana aktif mendonorkan darah melalui Palang Merah Indonesia setempat.

“Desa ini rajin menyelenggarakan donor rutin. Masyarakat yang mendonorkan darah juga bertambah terus. Ini berarti ada sosialisasi kepada masyarakat. Masyarakat menyadari (pentingnya) kebutuhan darah dan apabila berdonor akan menjaga kesehatan tubuh,” kata Ketua PMI Jember EA Zainal Marzuki, Jumat (16/4/2021) malam.

Zainal mengatakan, selalu muncul pendonor pemula setiap kegiatan donor darah. “Di Jember ada dua kampung yang sudah dikukuhkan. Pertama, adalah Dusun Kidul Besuk, Desa Ajung, Kecamatan Ajung,” katanya.

Kepala Desa Karangduren Nur Kholik mengatakan, predikat Kampung Donor Darah untuk desanya membanggakan. “Memang hampir mayoritas warganya pendonor aktif, jadi terima kasih kalau desa kami dijadikan kampung donor,” katanya.

Saat ini, PMI Jember mencanangkan program satu desa satu kampung donor darah. Program ini bertujuan untuk menyelamatkan nyawa manusia lewat aksi kemanusiaan donor darah. Sementara itu kebutuhan darah di Jember setiap bulan sebanyak 3500 kantong untuk segala golongan. Namun untuk Ramadan dan Idul Fitri dibutuhkan 6000 kantong darah. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar