Pendidikan & Kesehatan

Belum Tahu Jadwal Berangkat

Jemaah Umrah di Bojonegoro Tetap Lakukan Manasik

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah calon jemaah umrah asal Kabupaten Bojonegoro yang rencananya akan berangkat melalui biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) Mutiara Amanah Tour (Mutamtour) pada 4 Maret tetap melakukan manasik.

Calon jemaah yang melakukan manasik itu belum tahu jadwal keberangkatannya. Sementara manasik dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya oleh PPIU Mutamtour. “Meski belum ada kepastian (keberangkatan), tetap melakukan kegiatan sesuai jadwal dan sekaligus memberi pengertian kepada jemaah,” ujar Direktur Mutamtour Yasak Taufan, Sabtu (29/2/2020).

Yasak Taufan mengatakan, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan untuk kesiapan berangkat pada 4 Maret, calon jemaah hari ini seharusnya melakukan manasik teknis atau persiapan yang perlu disiapkan sebelum berangkat, mulai dari pakaian dan hal-hal teknis jemaah.

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro Masduki mengatakan, adanya penundaan keberangkatan bagi jamaah umrah dan ziarah yang menjadi keputusan Pemerintah Arab Saudi ini harus dihargai.

“Jamaah diharapkan tidak perlu resah, karena semua jamaah nanti tetap diberangkatkan dengan penjadwalan ulang. Kemungkinan 14 Maret sudah dibuka kembali, hanya saja secara resmi belum diputuskan,” terangnya.

Salah seorang jamaah mengaku ikhlas dan bersyukur tentang keputusan Pemerintah Arab Saudi menunda sementara keberangkatan jamaah umroh. Hal itu karena dinilai untuk menjaga dari sebaran Virus Corona. “Kalau seandainya kesana dan sampai di sana harus balik lagi malah tidak terbayangkan. Kapan pun kita berangkat siap,” ujar calon jemaah umrah yang akan diberangkatkan oleh Mutamtour, Rahmawati.

Sekadar diketahui, dalam pelaksanaan manasik teknis itu calon jamaah selain mendapat materi teknis yang dibutuhkan selama melakukan ibadah umroh juga mendapat pembagian koper dan perlengkapan umrah lainnya. [lus/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar