Pendidikan & Kesehatan

Jelang PTM Ribuan Guru di Gresik Divaksinasi

Salah satu guru di Kabupaten Gresik mendapat giliran vaksinasi

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang pembelajaran tatap muka (PTM), ribuan guru di Kabupaten Gresik divaksinasi. Satu-persatu guru divaksin, secara simbolis di SMPN 13 Gresik, Kecamatan Ujungpangkah. Sebelum divaksin, para guru yang sudah terdaftar terlebih dulu dilakukan screening kesehatan oleh petugas. Jika hasilnya sehat, maka layak mendapatkan vaksin.

Wabup Gresik Hj. Aminatun Habibah atau yang akrab disapa Bu Min menuturkan, vaksinasi kali ini menyasar para guru dan tenaga pendidik. Targetnya agar saat pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan. “Sesuai jadwalnya ada 1.100 guru di Kecamatan Ujungpangkah sudah divaksin,” tuturnya, Rabu (10/03/2021).

Alasan dipilihnya guru lanjut Bu Min, karena profesi tersebut sangat rentan terhadap penularan virus Covid-19. Untuk itu, harus diprioritaskan sehingga saat pembelajaran tatap muka tidak ada kekuatiran lagi. “Sudah setahun lebih siswa belum bertemu sama gurunya. Setelah divaksin guru dan tenaga pendidik harus aman dulu,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Mahin mengatakan, ada 45 ribu guru dan tenaga pendidik mulai jenjang PAUD, TK, SD maupun SMP baik negeri maupun swasta seluruhnya akan divaksin. “Kami menargetkan pembelajaran tatap muka bisa dilakukan pada Juli 2021. Untuk tahap pertama akan dilakukan simulasi di sejumlah sekolah,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Syaifuddin Ghozali menyatakan pencanangan vaksinasi di Gresik ini dilaksanakan secara maraton dan cepat sesuai intruksi Bupati Fandi Akhmad Yani. “Kabupaten Gresik ini termasuk tercepat dalam vaksinas dan ini intruksi bupati agar semua pihak digandeng,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar