Pendidikan & Kesehatan

Jelang PSBB akan Berakhir, Pasien Positif Covid-19 di Gresik Bertambah Lagi

Gresik (beritajatim.com) – Empat hari menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gresik berakhir, pasien yang terpapar positif Covid-19 bukan menurun, tapi malah mengalami kenaikan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Gresik. Pada 7 Mei 2020 ada tambahan yang terkonfirmasi positif. Tambahan satu itu, berasal dari Desa Karangandong, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Sehingga, total pasien yang positif ada 37 orang.

“Pasien ini tracing dari kontak erat pasien sebelumnya. Sekarang dirawat di rumah sakit Sidoarjo,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Gresik, dr Saifuddin Ghozali, Kamis (7/05/2020).

Ia menambahkan, untuk pasien yang dinyatakan positif Rabu (5/5) lalu dari Desa Randegansari, Driyorejo dinyatakan meninggal dunia. “Yang bersangkutan sebelumnya dirawat di rumah sakit Surabaya,” imbuhnya.

Sejak diberlakukannya PSBB, sepertinya tidak berlaku di jam-jam tertentu. Saat menjelang buka puasa terlihat di jalanan sangat padat aktivitas masyarakat. Padahal, kasus terkonfirmasi positif terus menunjukan peningkatan.

Pantauan di lapangan, setiap sore di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Usman Sadar, Jalan GKB, hingga di wilayah PPS sangat padat masyarakat. Bahkan, kalau naik sepeda motor pun harus pelan dan hati-hati saking padatnya. Bunyi klakson pun mudah sekali didengar karena banyak pengendara yang saling serobot.

Nurcholis salah seorang pemuda asal Bungah mengaku, ia dan temannya keluar karena mencari takjil dan makanan untuk buka puasa. Itu pun tidak lama. “Kalau sudah dapat ya pulang ke kos,” ucap lelaki yang ngekos di Randuagung itu.

Secara terpisah, Kepala Satpol PP Gresik Abu Hasan mengatakan, petugasnya setiap sore berada di lokasi tersebut. Sebab, disejumlah titik kerap menimbulkan kemacetan. Terutama di jalan-jalan GKB. “Ada fenomena di pinggir jalan banyak sekali orang yang menunggu bagi-bagi takjil. Nah ini juga kami beri pemahaman,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar