Pendidikan & Kesehatan

Jelang New Normal, Pemkab Gresik Simulasi di 7 Sektor

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto Pimpin Rapat Jelang New Normal

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang pemberlakuan ‘new normal’ di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Pemkab Gresik dalam waktu dekat menggelar simulasi di tujuh sektor.

Ketujuh sektor itu antara lain pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, tempat wisata, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP, dan transpotasi umum.

“Tatanan baru new normal ini merupakan langkah pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19, dan oleh Kemendagri inovasinya dilombakan,” ujar Bupati Sambari Halim Radianto, Sabtu (31/05/2020).

Ajang lomba inovasi tersebut, dimaksudkan sebagai kesiapan daerah dalam menyambut new normal dengan tatanan kehidupan baru yang produktif dan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami ikut andil dalam lomba inovasi tersebut. Aktifitas tetap produktif dan normal dengan mengedepankan protokol yang disusun oleh semua bidang agar aman dari Covid-19,” tutur Sambari.

Wisata Setigi Gresik Masuk Simulasi Pemberlakuan New Normal

Berkaitan dengan simulasi itu kata dia, nantinya ketujuh sektor tersebut diharuskan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

“Misalnya persediaan tempat cuci tangan beserta sabun, menyediakan thermogun, hand sanitizer hingga diisnfektan, kemudian baik petugas dan pengunjung harus memakai masker dan menjaga jarak aman,” paparnya.

Penerapan protocol kesehatan di sector-sektor tersebut nantinya dijadikan sebagai percontohan sector lainnya sebagai upaya dalam penegakan protocol kesehatan (PPK).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, yang juga pengelolah Wisata Setigi Gresik, Abdul Halim menyambut positif new normal yang diberlakukan oleh Pemkab Gresik.

“Ini sangat positif sekali mengingat wisata setigi sejak adanya pandemi Covid-19 ditutup sementara. Padahal, wisata yang kami kelolah ini menghidupi hampir 80 persen perekonomian warga sekitar. Warga sangat terbantu sekali saat wisata beroperasi lagi meski nantinya tetap mengkedepankan protokol kesehatan,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar