Pendidikan & Kesehatan

Jelang Lebaran, Tren Kasus Covid-19 di Kota Malang Cenderung Naik

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif.

Malang(beritajatim.com) – Tren kasus Covid-19 di Kota Malang cenderung meningkat jelang lebaran 2021. Rata-rata dalam dua pekan terakhir data harian Covid-19 di Kota Malang 8 kasus. Bahkan pernah di angka 10 kasus per hari.

“Dari pengamatan, mungkin saja itu dikarenakan mobilisasi dari masyarakat Kota Malang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, Minggu, (2/5/2021)

Husnul mengatakan, beberapa waktu lalu angka kasus Covid-19 per hari di wilayahnya masih di bawah angka 8 kasus. Trennya memang naik, meski tidak signifikan. Bahkan, pernah tercatat di bulan ramadhan ini 11 kasus dalam sehari.

“Kalau beberapa waktu lalu ya di bawah delapan. Dari pekan kemarin kasus baru masih terpantau di bawah 10 kasus. Pernah dua hari yang lalu menyentuh 11 kasus. Jadi di Kota Malang ada kenaikan kasus Covid-19, tapi kenaikannya juga tidak banyak di bawah 10 kasus,” ujar Husnul.

Husnul mengatakan, penyebab tingginya kasus Covid-19 adalah mulai ramainya mobilitas warga terutama mendekati lebaran. Banyak warga yang mendatangi pertokoan, pasar hingga mall. Untuk itu, Dinkes Kota Malang dengan tegas meminta masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Maka bagi masyarakat yang tidak bisa meninggalkan atau melaksanakan kegiatan di luar rumah dan kemudian ke tempat keramaian jangan dilupakan protokol kesehatan yang utama. Kenaikan kasus juga karena mobilitas. Mobilisasi ini hanya antar kawasan saja ya. Seperti pertokoan hingga pasar mobilisasinya seperti itu,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar