Pendidikan & Kesehatan

Jelang Kedatangan Jokowi, Ponorogo Masifkan Vaksinasi

Vaksinasi yang digelar di Gedung Sasana Praja Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Tak hanya personel keamanan, kesibukan juga terjadi pada para tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo. Pasalnya, dalam 3 hari terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo menggeber program vaksinasi yang menyasar kepada warga bumi reyog tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ponorogo Agus Pramono mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat menilai vaksinasi di Ponorogo prosentasenya masih rendah. Masih rendahnya prosentase tersebut, kata Agus bukan kinerjanya yang buruk. Namun, stok vaksin yang terbatas. Sementara antusiasme warga masyarakat untuk vaksinasi tinggi.

“Jadi hari-hari ini kita genjot terus,” kata pejabat yang saat ini juga merangkap menjadi Plt Kepala Dinkes Ponorogo itu, Senin (6/9/2021).

Catatan dari Dinkes Ponorogo, dalam tiga hari terakhir ada 75 ribu dosis yang disuntikan ke warga. Dengan rincian, pada hari Sabtu (4/9) sebanyak 25 ribu dosis, 20 ribu dosis untuk hari Minggu (5/9). Sementara untuk hari ini Senin (7/9), sebanyak 30 ribu dosis.

“Hari ini sebanyak 10 ribu vaksin bantuan dari Polda Jatim, dan 20 ribu vaksin dari Kodam 5 Brawijaya. Jadi hari ini sampai pukul 17.00 WIB kami menargetkan 30 ribu vaksin selesai disuntikan,” katanya.

Agus menyebut serbuan vaksinasi beberapa hari terakhir ini merupakan suntikan untuk dosis pertama. Dia optimistis vaksin akan tersedia untuk dosis kedua nanti. “Insyallah aman untuk dosis kedua, karena droping pusat aman,” katanya.

Agus menjelaskan sebelumnya prosentase vaksinasi untuk dosis pertama di Ponorogo masih rendah, yakni diangka 16-17 persen. Sementara untuk dosis kedua masih 10 persen. Sementara dari catatan Dinkes Minggu (5/9) malam, prosentasenya naik menjadi persen.

“Dengan tambahan hari ini, kami berharap prosentasenya naik lagi menjadi 24-25 persen,” ungkap Agus Pram panggilan karib Agus Pramono.

Dari target 30 ribu vaksinasi pada hari ini, Agus menambahkan jika sebanyak 6 ribu-nya untuk pelajar SMP. Ada 3 SMP Negeri di bumi reyog yang menggelar vaksinasi tersebut. Yakni di SMPN 1, Ponorogo, SMPN 5 Ponorogo dan SMPN 6 Ponorogo. “Hari ini kami juga mendapatkan bantuan 3 tim vaksinator dari RSU Sudono Madiun,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar