Pendidikan & Kesehatan

Jangan Merokok dan Minum Antibiotik

Foto ilustrasi.

Surabaya (beritajatim.com) – Wabah virus corona atau kerap disebut covid-19 terus meluas. Jumlah warga yang terjangkit semakin banyak.

Data terbaru, di seluruh dunia, warga yang positif sebanyak 244,525 orang. Pasien yang telah sembuh sebanyak 86,032 orang. Pasien meninggal sebanyak 10,031 orang.

Di Indonesia sendiri, warga yang positif terjangkit virus corona sebanyak 450 orang. Pasien yang berhasil sembuh sebanyak 20 orang. Adapun pasien meninggal sebanyak 38 orang.

Lalu, apakah tindakan-tindakan yang tidak efektif dalam melawan virus corona?

Merujuk dari WHO, Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 dalam laman resminya menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 hal yang tidak efektif. Bahkan, ketiganya justru semakin membahayakan.

Adapun tindakan-tindakan yang tidak efektif melawan covid-19 dan bahkan bisa berbahaya terdiri dari: (1) Merokok, (2) Mengenakan lebih dari satu masker, (3) Meminum antibiotik.

Apa pun keadaannya, jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, segeralah mencari pertolongan medis untuk mengurangi risiko terkena infeksi yang lebih parah dan sampaikan riwayat perjalanan Anda baru-baru ini kepada tenaga kesehatan. [but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar