Pendidikan & Kesehatan

Jadi Lab Covid-19, RS Universitas Brawijaya Akan Layani Test Swab

Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Sri Untari meninjau Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB).

Malang (beritajatim.com) – Rumah Sakit (RS) Universitas Brawijaya (UB) ditunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjadi laboratorium tes virus corona Covid-19. RS UB pun mengklaim siap melayani uji swab untuk Covid-19 mulai pekan depan.

“Sebelumnya untuk Malang kan dikirim ke Surabaya untuk mengetahui hasilnya, ini kan butuh proses lama. Nah, dengan swab test ini hasilnya akan lebih cepat 2 hari sudah cukup prosesnya,” kata Direktur RS UB, dr Sri Andarini, Sabtu, (9/5/2020).

Keberadaan RS UB bisa membantu penanganan virus corona di wilayah Malang Raya dalam hal mendeteksi pasien positif virus corona. Saat ini, RS UB sedang mempersiapkan alat medis untuk mendukung kebutuhan tenaga medis seperti Polymerase Chain Reaction (PCR), ruang laboratorium, hingga alat pelindung diri.

“Minggu depan akan segera kami launching. Ada beberapa tahap yang perlu dipersiapkan contohnya MoU dengan Dinas Kesehatan, quality control, dan lain sebagainya. Sumber Daya Manusia (SDM) masih dikoordinasikan dengan Fakultas Kedokteran (FK) UB,” tandas Humas RS UB, Jauhar Evandri.

Keberadaan RS UH sebagai laboratorium tes Covid-19 melengkapi total empat lobaratorium tes di Jawa Timur. Sebelumnya sudah ada tiga labolatorium tes, yakni Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP), Surabaya, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK), Surabaya, kemudian Institute Tropical Desease (ITD) milik Rumah Sakit Universitas Airlangga, Surabaya dan terakhir adalah RS UB, Malang. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar