Pendidikan & Kesehatan

Jadi Destinasi Wisata Dinkes Kota Malang Waspada Virus Corona

Tugu Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kota Malang menjadi destinasi wisata di Jawa Timur. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengingatkan perlunya screening ketat bagi wisatawan yang datang dari luar Malang. Screening kesehatan itu, disarankan dilakukan di Bandara Abdurahman Saleh, Malang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Malang, dr. Husnul Muarif, mengatakan screening merupakan bagian dari pencegahan mewabahnya virus corona. Cara mengidentifikasinya adalah dengan mengukur suhu tubuh manusia.

“Baik bandara, stasiun, maupun imigrasi sudah menyiapkan alat pengukur suhu badan. Jika suhunya di atas 38 derajat maka patut diwaspadai. Kemudian harus diisolasi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Husnul, Jumat, (24/1/2020).

Dinkes Kota Malang juga memberikan penyuluhan kepada Puskesmas di wilayahnya. Petugas Puskesmas diberikan pemahaman tentang virus corona termasuk gejala hingga pencegahan virus asal China itu.

“Semua layanan bergerak memberikan upaya promotif dan preventif berupa penyampaian informasi pada masyarakat terutama di Puskesmas. Sejauh ini di Kota Malang masih belum ada laporan,” papar Husnul.

Selain itu, Husnul mengimbau warga Malang untuk menahan diri dulu berlibur ke negara-negara terdeteksi virus corona. Mulai dari China dam negara-negara tetangganya. “Prinsipnya kewaspadaan kita, hindari dulu traveling ke tempat umum, khususnya daerah yang terjangkit seperti China,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar