Pendidikan & Kesehatan

Isolasi Terpadu Tiap Kecamatan di Bangkalan Kembali Diaktifkan

Petugas medis saat melakukan swab antigen pada salah satu pasien isolasi mandiri

Bangkalan (beritajatim.com) – Rumah Isolasi Terpadu (Isoter) yang ada di tiap kecamatan di Kabupaten Bangkalan, kembali diaktifkan. Hal ini merupakan salah satu program dari perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

Program yang diinisiasi oleh Kodam tersebut mulai dijalankan minggu ini. Hal itu bertujuan agar masyarakat yang hendak melakukan isolasi mandiri cukup terpusat di masing-masing kecamatan agar tidak jauh dari keluarganya.

Dandim 0829 Bangkalan Letkol Inf. Sarifudin Liwang mengatakan, pengaktifan Isoter itu diharapkan dapat membantu masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri. Sebab, setiap pasien akan diberikan fasilitas logistik hingga pengobatan.

“Pemantauan oleh tim kesehatan juga akan lebih mudah dibandingkan isolasi di masing-masing rumah. Seluruhnya akan disupport hingga pasien negatif dan bisa pulang,” jelasnya, Jumat (30/7/2021).

Meski Isoter masing-masing kecamatan diaktifkan, karantina di tingkat kabupaten tetap dibuka. Terdapat tiga lokasi karantina yakni Balai Diklat, Balai Latihan Kerja hingga rumah karantina di kantor BPWS yang berada di kaki Suramadu.

“Namun sampai saat ini masyarakat masih banyak memilih untuk isolasi di rumah karena banyak yang khawatir dengan kondisi anggota keluarganya,” tambahnya.

Ia mengatakan, secara teknis Isoter di tiap kecamatan disiagakan petugas, baik dari medis dan juga keamanan. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir saat dirawat di tempat itu.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo menyampaikan, pihaknya melalui Puskesmas telah mengarahkan agar masyarakat yang akan melakukan isolasi menempati Isoter di kecamatan.

“Ini sebetulnya program lama yang kembali diaktifkan. Jadi di tiap kecamatan harus disediakan Isoter itu untuk support medis, logistik dan lainnya dari kebupaten,” tandasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar