Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Inilah Tahapan Proses Pendaftaran SNMPTN 2022

Slamin, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember. [foto: Humas Unej]

Jember (beritajatim.com) – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) 2022 akan dibuka kembali. Ada sejumlah tahapan proses pendaftaran yang harus diikuti.

Pertama, pembuatan akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) pada 4 Januari – 15 Februari 2022. Tahapan ini diikuti penetapan siswa yang memenuhi syarat mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN pada 4 – 8 Januari 2022.

Sekolah diberi waktu sebulan untuk mengisikan data sekolah dan siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada 8 Januari – 8 Februari 2022. Proses baru kemudian beralih dilakukan oleh siswa dimana mereka bisa mendaftar dan memilih program studi pada 14 – 28 Februari 2022. Pengumuman SNMPTN akan dikeluarkan pada 29 Maret 2022.

Slamin, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyarankan siswa mulai memikirkan program studi dan perguruan ringgi negeri (PTN) yang akan dipilih. Siswa yang lolos SNMPTN tidak boleh mendaftarkan diri ke jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Mereka disarankan terus berkoordinasi dengan sekolah, agar proses pendaftaran SNMPTN berjalan lancar.

Sekadar informasi, kuota mahasiswa baru Universitas Jember dari jalur SNMPTN mencapai 2.272 orang pada 2021 lalu. Adapun jumlah siswa yang memilih Universitas Jember di jalur SNMPTN 2021 berjumlah 22.531 orang.

Ini menjadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor delapan di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. “Insyaallah di tahun 2022 nanti kuota mahasiswa baru yang akan kita terima melalui jalur SNMPTN tidak berubah banyak,” kata Slamin sebagaimana dilansir dalam siaran pers yang diterima beritajatim.com, Sabtu (25/12/2021). [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar