Pendidikan & Kesehatan

Inilah 6 Cluster Penyebaran Covid-19 di Sekitar Kita

Surabaya (beritajatim.com) – Melalui siaran streaming Youtube, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dibawakan oleh Dr Dewi Nur Aisyah dari Tim Pakar Satgas Covid dan dr Lula Kamal selaku Host, Rabu (30/9/2020) menyebut setidaknya ada 6 Cluster yang berkait erat dengan keseharian masyarakat yang berpotensi menjadi sumber penularan Covid-19.

Ke-6 Cluster tersebut adalah Cluster Keluarga, Kantor, Rapat, Tempat Rekreasi, Pasar dan Fasilitas Kesehatan. Dr Dewi menyebutkan bahwa ke 6 Cluster tersebut diketahui potensinya dari Penyelidikan Epidemiologi dan Kontak Tracing dari Dinas Kesehatan.

Cluster ini terjadi karena masih kurangnya penegakan protokol kesehatan dan protokol pencegahan Covid-19, yakni 3M (Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). Selain Cluster Keluarga, Cluster Kantor juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan, karena kantor merupakan tempat singgah paling lama ke dua setelah rumah.

Tentu saja selama dikantor beberapa waktu diisi dengan kegiatan pribadi maupun sosial, seperti makan, minum, ibadah dan juga ngobrol dengan kolega. Dr Dewi mengatakan bahwa bisa saja dari kegiatan itu, kita lupa menerapkan 3M, sehingga kemungkinan terpapar Covid-19 menjadi besar.

“Di kantor biasanya paling sering adalah lupa memakai masker, karena biasanya waktu persentasi atau rapat, bicara dengan masker dirasa kurang nyaman. Untuk itu penting bagi mereka yang membutuhkan komunikasi dengan orang lain di luar rumah untuk menggunakan masker yang nyaman dan mampu memfiltrasi agar tidak lagi melepas masker saat berbicara,” ujar Dr Dewi.

Terlebih pencegahan Covid-19 di kantor juga menjadi penting karena kontak erat dengan kolega tidak bisa dihindari. Oleh karenanya Dr Dewi menghimbau agar sebisa mungkin rapat atau hal hal lain bisa dilakukan secara telekomunikasi atau daring.

“Memang sulit menghabiskan hari dengan pembatasan yang ketat, tapi dengan demikian kita bisa memutus rantai penularan Covid-19. Biasakan memakai barang barang pribadi secara personal, seperti alat ibadah, tempat makan dan lain lain. Biasanya kan ada makanan minuman saat rapat, sekarang hangan dulu makan minum di tengah rapat dan selalu terapkan 3M,” tukasnya.

Selain Cluster Kantor dan Rapat, Cluster Pasar, Tempat Rekreasi dan Fasilitas Kesehatan juga penting diwaspadai. Dr Dewi mengatakan bahwa Cluster Cluster tersebut berhubungan dengan banyak orang atau keramaian, maka dari itu sebaiknya menghindarinya. Namun jika tidak bisa, maka kesadaran diri untuk menerapkan 3M, menjadi sangat penting.

“Jika memang terpaksa keluar ke keramaian, maka terapkan 3M secara ketat. Gunakan masker bedah atau dengan kemampuan Filtrasi yang serupa saat bertemu banyak orang, gunakan faceshield sebagai tambahan pelindung, tetap jaga jarak dan sering cuci tangan dengan handsanitaizer, baik tangan maupun benda benda yang akan kita pegang,” pungkasnya. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar