Pendidikan & Kesehatan

Relawan PMI Kabupaten Mojokerto Latihan Gabungan

Ini Tujuan Ajak Millennial Volunteer PMI

Mojokerto (beritajatim.com) – Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto mengajak Millennial Volunteer PMI atau yang biasa disebut dengan Palang Merah Remaja (PMR) latihan bersama. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut.

Latihan gabungan yang digelar di gedung SMA Negeri Sooko tersebut bertajuk ‘Safety Training For Millenials PMR WIRA Se-Kabupaten Mojokerto’. Latihan sendiri berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (27/4/2019) hingga Minggu (28/4/2019).

Kegiatan hampir bersamaan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HHKBN sehingga materi latihan yang diambil adalah Tata Laksana Evakuasi Mandiri dan Pertolongan Pertama dilingkungan sekolah dan Tata Laksana Pertolongan Pertama kepada korban kecelakan di jalan raya.

Kasi Pelayanan dan Penanggulangan Bencana, PMI Kabupaten Mojokerto, Didik Soedarsono mengatakan, bentuk penyajian materi dengan cara diskusi bersama PMR yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi. “Ada tiga materi yang disampaikan dalam diskusi,” ungkapnya.

Di materi tata laksana evakuasi mandiri dan pertolongan pertama di lingkungan tempat didik atau sekolah pada saat situasi darurat adalah merupakan pembelajaran untuk mengurangi resiko jatuhnya korban yang lebih banyak pada saat musibah atau bencana.

“Sedang untuk materi tata laksana pertolongan pertama kepada korban-korban kecelakaan lalu lintas bertujuan untuk menumbuhkan jiwa rela menolong ketika mereka mengetahui terjadinya kecelakaan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini di jalan raya menjadi momok,” katanya.

Pasalnya, jalan raya saat ini menjadi tempat yang paling sering menjadi lokasi orang menjadi cidera, cacat dan hingga meninggal dunia. Ketika mereka yang mengalami musibah di jalan raya cideranya menjadi tambah parah atau meninggal dunia karena tata laksana pertolongan pertama yang tidak sesuai.¬†“Selain materi tersebut yang diberikan kepada para peserta, materi tentang donor darah juga diberikan kepada para peserta latihan gabungan tersebut,” jelasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar