Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ini Tips Rektor Unej Jember Buat Kamu agar Lolos SBMPTN

Rektor Unej Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Saat ini pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dibuka dan akan ditutup pada 15 April 2022. Iwan Taruna, Rektor Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, membagikan tips buat peserta agar bisa lulus.

“Jangan ragu membuka data keketatan masing-masing program studi yang sudah ada di laman resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi),” kata Iwan Taruna, sebagaimana dlansir Humas Unej, Sabtu (9/4/2022).

Peserta SBMPTN sebaiknya meluaskan horizon pilihan program studi dan tak terpaku pada program studi tertentu atau program studi favorit. Program studi favorit biasanya diminati banyak peserta. “Makin banyak peminat di sebuah program studi, maka tentu saja makin ketat kompetisinya. Nah, silakan disesuaikan dengan kemampuan akademis masing-masing agar kesempatan diterima di PTN makin terbuka,” kata Iwan.

Iwan menyarankan peserta memilih program studi-program studi lain yang tak kalah prospektif. “Jika saat kuliah nanti Anda belajar dengan baik dan melengkapi diri dengan berbagai soft skill, maka Anda akan mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman,” katanya.

Apalagi, lanjut Iwan, Kementerian Pendidikan dan Kebudataan Riset Teknologi telah menggulirkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Program ini memberikan kesempatan seluas mungkin bagi mahasiswa belajar berbagai disiplin ilmu di luar keilmuan yang sudah ditekuni.

Menurut Iwan, dalam program MBKM, mahasiswa bisa melakukan magang, riset, dan turut dalam proyek kemanusiaan, berwirausaha serta kegiatan lainnya. “Tujuannya memperkaya keilmuan dan menambah pengalaman mahasiswa,” katanya.

Iwan menyarankan kepada peserta untuk berkonsultasi dengan orang tua. “Giat belajar dan jangan lupa berdoa serta selalu menjaga kesehatan, kata Iwan. Universitas Jember memiliki 61 program studi yang bisa dipilih di SBMPTN 2022 dan mengalokasikan kuota 50 persen mahasiswa barunya tahun ini dari jalur ini. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar