Pendidikan & Kesehatan

Ini Penjelasan Bupati Ipong Terkait 6 Santri Gontor yang Positif

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni

Ponorogo (beritajatim.com) – Penambahan enam kasus positif Covid-19 dari santri Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG) ini  diketahui dari hasil rapid test yang dilakukan pihak pondok dan tim satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo.

Rapid test dilakukan kepada 145 santri yang lulus tes masuk pondok Gontor. Hasilnya 134 santri dinyatakan non reaktif dan 11 santri dinyatakan reaktif. Dari jumlah santri yang reaktif itu, dilakukan Swab. Hasilnya enam santri dinyatakan positif dan sisanya belum keluar hasil swabnya.

Bupati Ipong Muchlissoni menyebut rapid test itu dilakukan untuk syarat perjalanan menuju Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebab 145 santri tersebut diterima di PMDG Cabang Kendari. Ipong meralat pernyataan sebelumnya, yang menyatakan diterima di PMDG Cabang Ternate.

“Yang benar Pondok Gontor Cabang Kendari, maaf kemarin salah tulis,” ralat Ipong saat dikonfirmasi beritajatim. com, Kamis (9/7/2020).

Ipong menceritakan ratusan santri ini datang ke Ponorogo pada tanggal 12 Juni 2020 lalu. Sebenarnya 145 anak ini, merupakan calon santri di PMDG. Mereka sementara diinapkan di pondok Gontor 2 di Desa Madusari Siman.

Mereka datang tidak membawa surat rapid test, hanya membawa surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan asal santri. Selain itu juga membawa surat pernyataan isolasi 14 hari dari orangtua dan ditandatangani diatas materai.

“Dan tanggal 2 Juli lalu akan berangkat ke Kendari, sebelum berangkat dilakukan rapid test dan ketemu 11 anak yang reaktif itu,” katanya.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni

Ipong berharap tracing kontak erat dari santri yang positif ini, semoga tidak banyak. Sebab menurut informasi dari pihak pondok, 145 anak yang ikut tes ini tidak banyak berinteraksi dengan banyak orang atau santri pondok lainnya.

“Jadi bisa dibilang kontak eratnya ya diantara 145 anak yang mengikuti tes. Sedangkan 134 santri yang rapid testnya non reaktif sudah berangkat ke Kendari,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, setelah ada satu santrinya positif Covid-19, Rabu (8/7/2020) hari ini Bupati Ipong Muchlissoni kembali mengabarkan ada tambahan enam santri dari Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG) 2. Pasien baru ini berasal dari berbagai daerah, antara lain dua orang dari Makassar (Sulawesi Selatan),  dan masing- masing dari Manado (Sulawesi Utara), Banjar (Kalimantan Selatan), Ternate (Maluku Utara) serta Gowa (Sulawesi Selatan). (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar