Pendidikan & Kesehatan

Ini Kriteria Kelulusan Bagi Siswa di Kota Mojokerto

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Dengan perpanjangan masa belajar di rumah jenjang PAUD hingga SMP Negeri sama swasta kali ini berlangsung hingga 1 Juni mendatang. Oleh karena itu, Pemkot Mojokerto melalui Dinas Pendidikan Kota Mojokerto juga telah menetapkan kriteria kelulusan bagi siswa.

“Kelulusan untuk jenjang SD akan berdasarkan nilai rata-rata rapor mulai kelas IV hingga VI. Pun demikian dengan jenjang SMP yang juga ditentukan dengan nilai rata-rata rapor mulai kelas VII hingga IX atau dari semester 1 sampai 6,” ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Rabu (29/4/2020).

Selain nilai rapor, pertimbangan kelulusan dan kenaikan kelas siswa juga ditentukan dari nilai budi pekerti. Kelulusan siswa akan diputuskan melalui rapat tim dewan guru dan akan diumumkan pada pekan kedua Juni mendatang. Kelulusan para siswa di Kota Mojokerto akan diumumkan secara online.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid menambahkan, pihaknya juga telah merumuskan tentang pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Untuk jenjang PAUD dan SD negeri tetap berdasarkan usia dan domisili, sementara untuk jenjang SMP negeri akan diberlakukan komposisi dengan empat jalur penerimaan.

“Masing-masing terbagi melalui jalur zonasi sebanyak 65 persen, kemudian jalur afirmasi atau siswa tidak mampu 15 persen, jalur prestasi 15 persen, serta 5 pesen untuk perpindahan tugas orang tua. Prinsipnya kami memperioritaskan kuota tersebut untuk warga Kota Mojokerto,” paparnya.

Amin mengatakan, untuk tahun pelajaran 2020-2021 mendatang, jumlah kelulusan SD sederajat di Kota Onde-Onde mencapai 2.085 siswa. Sementara itu, dari 9 SMP Negeri akn membuka daya tampung sebanyak 2.085 kursi.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar