Pendidikan & Kesehatan

Ini Hasil Tes SWAB Kepala Kantor Kemenag Gresik

Kepala Kantor Kemenag Gresik Markus

Gresik (beritajatim.com)- Sebanyak 22 petugas haji asal Gresik yang menjalani tes medis hasilnya sudah keluar. Dari jumlah itu, hanya satu petugas yang positif terpapar virus Covid-19.

Kepala Kantor Kementrian Agamas (Kemenag) Gresik Markus juga menjadi bagian dari 22 petugas haji. Saat menjalani rapid test dinyatakan positif. Namun, sewaktu menjalani tes SWAB hasilnya negatif. “Alhamdulillah hasil tes SWAB oleh tim medis dinyatakan negatif,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

Terkait dengan ini, Markus pun meminta agar masyarakat tidak langsung mendiskriminasi petugas haji. Sebaliknya, dirinya mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak perlu kuatir serta panik.

Markus menjelaskan sampai saat ini dirinya sangat menyayangkan masih mendengar adanya stigma negatif terhadap petugas haji. Karena itu, dirinya meminta agar masyarakat tidak berlebihan. Pasalnya, hasil tes sudah keluar dan Gugus Tigas Covid-19 Gresik sudah menyatakan aman.

Markus menambahkan, masyarakat harus mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya adalah berlomba-lomba menjadi pioner di lingkungan masing-masing. “Yang lebih penting terus menyosialisasikan ke masyarakat apa itu ODP, PDP hingga positif. Dan lebih penting lagi bagaimana pencegahannya terhadap virus Covid-19,” imbuhnya.

Dengan cara berlomba-lomba jadi pioner, lanjut dia, tidak akan terjadi kepanikan d masyarakat. Sebaliknya, malah menambah ilmu kepada mereka. “Saya menyarankan tetap melakukan physical distancing, jaga kebersihan diri, dan berdoa di rumah,” ungkap Markus.

Sementara itu, perkembangan Covid-19 di Gresik masih menunjukan peningkatan. Terutama untuk orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG). Hingga Sabtu 11 April 2020, ODP di Gresik menembus angka 1.017 orang. Selanjutnya, untuk OTG naik dari 74 orang menjadi 118 orang. Sementara PDP menjadi 80 orang dari 76 orang.

“Untuk yang PDP sembuh ada 26 orang. Yang positif masih tetap akumulasi 10 orang, yang dirawat ada 8 orang. Tapi semuanya kondisinya semakin membaik,” tandas Kabag Humas & Protokol Pemkab Gresik, Reza Pahlevi. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar