Pendidikan & Kesehatan

Ini Hasil Rakor Penanganan Vorus Corona di Kabupaten Malang

Malang (beritajatim.com) – Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan dan Penanganan Virus Corona Disease (Covid-19) di Ruang Pertemuan RSUD Kanjuruhan, Jalan Panji No. 100 Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (16/3/2020) baru saja usai.

Hadir dalam Rakor tersebut Bupati Malang HM Sanusi, Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Letkol Inf. Fery Muzawad, Dandim 0818/ Kabupaten Malang – Batu. Ketua DPRD, Didik Gatot Subroto, Edi Handojo selaku Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Sekda Didik Muljono, Kepala OPD Pemkab Malang, dr. Dian Suprodjo, Sp. THT selaku Plt. Direktur RSUD Kanjuruhan Kepanjen dan dr. Ratih Direktur RSUD Lawang.

Menurut Sanusi, Pemkab Malang sudah mengeluarkan keputusan agar sekolah diliburkan selama 2 minggu. “Untuk permasalahan ini memang sengaja tidak kita Exspos ke media sosial dengan tujuan suapaya di wilayah Kabupaten Malang ini tidak timbul kepanikan. Walaupun libur 2 minggu bukan berarti tidak belajar dan harus tetap belajar serta tidak boleh rekreasi kemana-mana,” tegas Sanusi.

Kata dia, perkantoran akan dibantu Dinkes untuk menyediakan pendeteksi suhu badan, alat cuci tangan (sanitizer) dan kegiatan apapun yang mengumpulkan masa agar dibatalkan.

Sanusi melanjutkan, hasil Rakor hari ini terdapat beberapa kesimpulan. Salah satunya, beber Sanusi, koordinator tim penanganan Covid-19 adalah Sekda Kabupaten Malang dengan posko penanggulangan Covid-19 di Kantor Pemkab Malang. Dimana anggota koordinator dari perwakilan Polres Malang dan Kodim 0818, untuk anggaran dengan menggunakan APBD.

“Kita akan menunda seluruh kunjungan pejabat Pemkab Malang ke luar daerah dan ke luar negeri, serta menunda tamu dari luar daerah dan dari luar negeri. Lalu kegiatan sekolah mulai dari SD s/d SMP mulai hari ini diliburkan selama 14 hari, untuk kegiatan pemerintahan dan rumah sakit tetap jalan. Semua kegiatan dengan peserta lebih dari 20 orang agar dilakukan penundaan,” ujar Sanusi.

Kesimpulan lainnya dari Rakor tersebut, tambah Sanusi, Tim atau satgas segera laksanakan langkah-langkah antisipasi, jika ditemukan positif Corona agar langsung dirujuk ke RSSA Malang dan dilaksanakan isolasi. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar