Pendidikan & Kesehatan

Ini Daftar Penerima Vaksin Tahap Pertama di Ponorogo

Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Pelaksanaan vaksinasi rencananya akan dilakukan pada tahun depan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mulai mendata sasaran untuk vaksinasi tahap pertama tersebut. Menurut perhitungan Dinkes, ada sekitar tujuh ribu orang penerima vaksin tahap pertama ini.

“Ada sekitar tujuh ribuan orang yang kami usulkan sebagai penerima vaksi tahap pertama ini,” kata Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Jumat (13/11/2020).

Dalam urutan pertama yang diusulkan adalah tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda depan penanggulangan pandemi Covid-19.  Baik yang merawat pasien Covid-19, maupun yang bekerja di laboratorium dan yang bertugas melakukan pelacakan di lapangan. Setelah nakes, kemudian untuk petugas pelayanan publik, yang berkecimpung dalam penanganan dan pencegahan virus corona selama ini. “Kementrian kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan daftar prioritas penerima vaksin Covid-19. Yang menjadi prioritas ya nakes,” katanya.

Irin sapaan akrab Rahayu Kusdarini mengungkapkan pihaknya bergantung sepenuhnya ke kebijakan pusat. Saat ini, kata Irin ada dua acuan dalam vaksinasi tersebut. Jika dari WHO, vaksinasi idealnya mencakup 60-70 persen populasi suatu wilayah. Sedangkan kemenkes berpedoman vaksin hanya akan diberikan pada warga di rentang usia 18-59 tahun. “Ini masih rencana tahap pertama. Untuk tahap kedua kami belum mengetahui. Karena belum ada petunjuk dari pusat,” pungkasnya.

Ini data dari Dinkes Ponorogo bagi penerima vaksin tahap pertama. Yakni, nakes penerima vaksin diusulkan sebanyak 5.558 orang, disusul TNI sebanyak 680 personil dan kepolisian 638 personil. Sementara, ada 121 petugas satuan polisi pamong praja (satpol PP), 286 karyawan PLN dan 102 karyawan PDAM Tirta Dharma serta 50 karyawan di Terminal Tipe A Seloaji.(end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar