Pendidikan & Kesehatan

Ingin Tahu Covid? Cek Laman CovidCare

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, meluncurkan pusat layanan informasi Covid-19 berbasis laman situs bernama CovidCare. Ini bagian dari edukasi terhadap masyarakat, termasuk civitas akademika Unej.

Rektor Iwan Taruna mengatakan, laman covidcare.id bisa menjadi rujukan bagi masyarakat Jember untuk mendapatkan informasi valid soal Covid-19. “Selama ini masih saja kita temukan informasi-informasi tidak benar terkait Covid-19, seperti misalnya kehalalan vaksin atau vaksin yang katanya membatalkan puasa,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej.

Ketua Tim Pengembang CovidCare Samawi Tashar mengatakan, fitur utama CovidCare meliputi informasi dalam bentuk artikel, video, maupun infografis mengenai Covid-19 di Jember terutama di lingkungan Universitas Jember. Selain informasi seputar Covid-19, laman ini juga menyediakan layanan konsultasi gejala bagi pengguna dengan dokter.

Iwan mengatakan, data dan informasi di CovidCare dapat dijadikan data untuk pengembangan penelitian para dosen. Menurutnya, selama ini data terkait Covid-19 belum tersistem, sehingga tidak langsung bisa diakses ketika dibutuhkan.

CovidCare kelak tidak hanya digunakan untuk untuk pusat informasi Covid-19. Menurut Tashar, CovidCare juga dapat digunakan sebagai pusat informasi atau pengendalian dan penyebaran penyakit infeksi lainnya.

“Ke depan akan kami kembangkan untuk yang berbasis android. Bahkan tidak hanya untuk Covid-19 tetapi juga bisa digunakan pada penyakit infeksi lain yang kerap kali di derita mahasiswa seperti hepatitis dan diare,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar