Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Imbauan Dinkes Pamekasan Bagi Pasien Isoman

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam saat memberikan sambutan dalam apel pelaksanaan Isoter di Lapangan Nagara Bhakti Mandhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (18/8/2021).

Pamekasan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan mengimbau pasien positif Coronavirus Disease 2019 yang menjalani proses isolasi mandiri (isoman), agar segera melakukan isolasi terpusat (isoter) yang sudah disiapkan pemerintah.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menekan sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan cara melakukan pengawasan terpusat dan mudah menditeksi penularan akibat pandemi Covid-19.

“Data terakhir, pasien isoman sebanyak 93 orang. Namun jumlah itu kemungkinan masih terus bertambah, karena setiap hari bisa ada pasien yang dinyatakan sembuh atau bahkan pasien baru,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Pamekasan, dr Achmad Marsuki, Kamis (19/8/2021).

Dari itu pihaknya mengimbau seluruh masyarakat khususnya para pasien yang tengah menjalani proses isoman agar melakukan isoter yang sudah disiapkan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan. “Kami harapkan dari isoman beralih ke isoter, sehingga ada pengawasan secara langsung,” imbaunya.

“Tidak kalah penting dari hal itu, tentunya dengan cara isolasi terpusat nantinya penularan Covid-19 bisa ditekan, sekaligus dapat kita putus dengan cepat,” sambung pria yang akrab disapa dr Marsuki.

Lebih lanjut dijelaskan, program pemindahan pasien isoman ke isoter dipusatkan di setiap kecamatan di kabupaten Pamekasan. “Isoter ini terpusat di setiap kecamatan dengan koordinator Komandan Koramil, sementara wakilnya para Kapolsek dan Kepala Puskesmas di tiap kecamatan,” jelasnya.

“Namun tidak kalah penting juga perlu kami sampaikan, untuk tenaga kesehatan juga sudah kami siapkan, dan mereka sudah tahu tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing,” pungkasnya. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar