Pendidikan & Kesehatan

Ilmu Agama Sesuai Tuntunan Alquran Perlu Diberikan Sejak Siswa Kelas 1 SD

Anggota DPRD PKB Jatim, H. Ahmad Amir Aslichin (lin) memberikan piala kepada pemenang lomba tingkat PG/TK Futuhiyah

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pemahaman ilmu agama seperti dalam tuntutan Alquran perlu ditanamkan pada diri anak sejak usia dini.

Itulah salah satu materi pelajaran yang akan diterapkan dalam di PG/TK dan Sekolah Dasar (SD) Futuhiyah Jalan Mustiko Dusun Wonokoyo Desa Klopohsepuluh Kec. Sukodono.

Ketua Yayasan An Nur Futuhiyah Hj. Enny Suryani mengatakan ada sistem hafalan Alquran untuk siswa kelas 1 SD dan kelas berikutnya. Tak hanya hafalan, tapi juga penghayatan isi kandungan Alquran.

“Jadi anak didik, selain bisa membaca dan menghafal Alquran, juga mengerti dengan artinya,” katanya di sela-sela peresmian SD Futuhiyah, Minggu (23/2/2020).

Enny menambahkan, selain pendidikan Alquran, pendidikan ilmu umum seperti lainnya, bahasa arab dan inggris juga ditekankan dalam sekolah Futuhiyah.

“Termasuk olahraga, khususnya renang, menjadi pelajaran ekstra pokok. Anak-anak harus bisa renang,” imbuh mantan anggota DPRD Sidoarjo itu.

Ia menjelaskan, dalam sistem pendidikan yang diterapkan di sekolahnya, pagi saat masuk sekolah, anak-anak diajarkan salat duha seblum masuk jam pelajaran.

Setelah salat duha, anak diajarkan hafalan surat-surat dalam Alquran, kemudian dilanjut jam pelajaran sampai jam istirahat, pelajaran lagi dengan diakhiri salat suhur berjamaah.

“Jadi sampai di rumah, anak-anak tidak mempunyai beban dan bisa istirahat bersama keluarga,” terang isteri almarhum H. Fathurrosyid mantan Ketua DPRD Jatim itu. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar