Pendidikan & Kesehatan

IKA Unair Serahkan 150 Peti Jenazah kepada Enam RS di Jatim

Surabaya (beritajatim com) – Sinergitas dengan berbagai lembaga terus dibangun IKA Unair. Sebelumnya, IKA Unair bersama FK Unair dan Pemerintah Provinsi Jatim menggelar vaksinasi massal di beberapa titik. Kali ini, lembaga tersebut menyerahkan peti jenazah kepada enam rumah sakit di Jawa Timur.

Total ada 150 peti jenazah yang diserahkan pada Kamis (29/7/2021) hari ini. Rumah sakit yang menerima adalah RSUD Sidoarjo, RSUD Ibnu Sina Gresik, RSUD dr Soegiri Lamongan, RSUD Jombang, RS Universitas Arlangga dan RS Islam Jemursari. Masing-masing Rumah Sakit menerima 25 buah.

Perwakilan IKA Unair, Indra Nur Fauzi mengatakan kepedulian tak semata-mata dalam bentuk empati. IKA Unair mengusung sinergi. Yakni, mengajak berbagai pihak untuk hadir meringankan beban sesama. Khususnya di masa pandemi ini, sinergitas itu menjadi sangat penting. “Program ini merupakan inisiasi dari Ketua Umum IKA Unair yakni Khofifah Indar Parawansa,’” katanya.

Banyak korban meninggal akibat Covid-19. Rumah sakit pun membutuhkan perangkat untuk menyelenggarakan pemakaman. IKA Unair mengambil peran dengan menyerahkan bantuan peti jenazah untuk enam rumah sakit. “Bantuan ini merupakan bentuk ikhtiar untuk meringankan beban petugas pemulasaraan jenazah di rumah sakit,” ungkap alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Unair tahun 1994 itu.

Dia berharap pandemi Covid-19 segera berakhir. Penambahan kasus positif berkurang. Angka kesembuhan juga meningkat. Angka kematian turun. Dia juga mengajak masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan merupakan ikhtiar dalam mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19,” jelas dia.

Indra menyerahkan peti jenazah secara langsung kepada Direktur RSUD Ibnu Sina dr Rudyanto Dwi Agustomo. Di Lamongan, penyerahan peti jenazah dilakukan Kartika Hidayati, lalu di Sidoarjo peti jenazah diserahkan Mirza Muttaqien.

Peti jenazah untuk RS Universitas Airlangga diserahkan Nur Sidiq kepada Dr Imam Subadi selaku Wakil Direktur Penunjang Medis RSUA dan di RS Islam Jemursari serta RSUD Jombang diserahkan oleh dr Zulfikar As’ad.

Wadir Pelayanan RSUD Sidoarjo dr. Wasis Nupikso, Sp.OG. menyampaikan terima kasih atas bantuan peti jenazah yang diberikan oleh Ikatan Alumni Unair. Bantuan ini sangat berarti bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya yang kena dampak Covid-19. “Tentunya bagi rumah sakit, bantuan ini akan digunakan sebagaimana mestinya yakni penanganan pasien meninggal akibat Covid-19,” pungkasnya. [tok/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar