Pendidikan & Kesehatan

Ignatius Jonan Beri Kuliah Tamu di UKWMS

Surabaya (beritajatim.com) – Mahasiswa dan civitas akademika Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan Kuliah Umum Wawasan Kebangsaan, yang langsung disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Ignasius Jonan.

Acara ini berlangsung di Auditorium Benedictus Kampus Dinoyo UKWMS pada Sabtu (6/4/2019) sore. Turut hadir Uskup Surabaya, Msgr. V. Sutikno Wisaksono, Ketua Umum Yayasan Widya Mandala Surabaya, Prof. Drs. Ec. Henky Supit, Ak., CA. beserta jajaran dan Rektor UKWMS, Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., para pimpinan UKWMS serta para mahasiswa.

Menteri yang akrab disapa Jonan ini mengawali kuliah umumnya dengan gaya yang bersahabat. Mantan Dirut PT KAI tersebut kemudian mulai berbagi kisah mengenai hasil kerja yang telah dilakukan pemerintah, sehubungan dengan pengelolaan sumber daya alam. Tak hanya secara lisan, ia juga menunjukkan beberapa video terkait program yang telah dijalankan oleh Kementerian ESDM.

Program tersebut antara lain penyaluran bahan bakar ke 170 kecamatan, program BBM satu harga, dan listrik tenaga surya.

“Semua ini bukan hanya semata-mata kinerja pemerintah saja, namun juga melibatkan stakeholder terkait, dan masyarakat,” ujarnya.

Ia pun membagikan berbagai inspirasi pada peserta yang hadir melalui jawaban dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Jonan tak memungkiri berbagai rintangan yang dihadapi selama menjabat.

“Rintangan pasti ada. Tapi, pokoknya adalah kerjakan semaksimal yang kita bisa. Selama niatnya baik, hal itu harus diusahakan,” ceritanya.

Jonan juga berkisah mengenai bagaimana cara untuk menyatukan hati dalam bekerja meski terdapat perbedaan dengan rekan kerja. Menurutnya, perbuatan baik tidak boleh terhalang oleh sekat SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

“Selama ini, saya tidak pernah ada pikiran seperti itu (melihat perbedaan saat bekerja, red),” tegasnya.

Jonan sendiri juga menaruh perhatian akan adanya tempat ibadah di lingkungan kantornya yang semula terlihat tidak rapi untuk dirapikan. Pada kesempatan tersebut, seorang mahasiswa kemudian bertanya mengenai rencana pemerintah untuk penerapan energi alternatif selain BBM.

Pemerintah saat ini amat mendukung renewable energy (energi terbarukan,red). Jonan pun mengaku mempunyaisepeda motor listrik. Ia melanjutkan, tantangan terbesar yang dihadapi sehubungan dengan hal ini adalah daya beli. Jonan juga mendorong akan penggunaan panel surya, agar beban listrik lebih hemat.

Terakhir, Jonan menutup sesi dengan beberapa pesan pada para mahasiswa. Ia pun berpesan, sebagai orang muda harus memiliki semangat mengabdi di mana pun hidup. Semangat tersebut harus dilandasi cinta kasih pada sesama.

“Lalu, yang terakhir adalah jangan golput. Gunakan hak politik yang Anda miliki, untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan harapan Anda supaya tidak menyesal dikemudian hari,” pungkasnya mengakhiri.(adg/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar