Pendidikan & Kesehatan

IAIN Madura Tambah Prodi Baru

Pamekasan (beritajatim.com) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, kembali menambah satu Program Studi (Prodi) baru pada Fakultas Syariah, yakni Prodi Hukum Tata Nagara atau Siyasah Syar’iyyah per Senin (9/3/2020) lalu.

Penambahan prodi baru tersebut berdasar Keputusan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Nomor 229 Tahun 2020 tentang Izin Penyelenggaraan Prodi Program Sarjana Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) Pada IAIN Madura.

“Alhamdulillah saat ini kami kembali menambah satu program studi pada Fakultas Syariah, yakni Prodi Hukum Tata Negara. Hal itu dibuktikan dengan turunnya izin dari Kemenag RI maupun BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi),” kata Rektor IAIN Madura, Mohammad Kosim kepada beritajatim.com, Selasa (24/3/2020).

Dengan tambahan satu prodi tersebut, perguruan tinggi negeri yang terletak di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, secara resmi menggenapkan total sebanyak 20 prodi, terdiri dari 17 prodi pada jenjang sarjana serta tiga prodi lainnya pada jenjang program Pascasarjana.

“Proses pengajuan proposal hingga keluarnya SK untuk Prodi Hukum Tata Negara, baik dari Kemenag RI maupun dari BAN-PT alhamdulillah prosesnya berjalan lancar. Alurnya diajukan ke Kemenag, diterima dan langsung diberikan ke BAN-PT. Setelah disetujui langsung dikeluarkan SK oleh Dirjen Kemenag RI,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, prodi tersebut nantinya diharapkan dapat mencetak ahli hukum tata negara maupun ahli politik berbasis islam. “Jadi prodi Hukum Tata Negara ini didesain untuk mencetak para pakar hukum tata negara, sehingga bagi yang berminat dalam bidang hukum dan politik bisa masuk pada prodi ini,” jelasnya.

“Bahkan untuk prodi ini, nantinya juga bisa mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru pada semester ganjil mendatang atau tepatnya pada tahun akademik 2020/2021 mendatang. Bagi yang minat dalam bidang hukum dan politik, silahkan mendaftar,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar