Pendidikan & Kesehatan

IAIN Madura Resmi Buka Prodi Ekonomi Syariah Program Magister

Pamekasan (beritajatim.com) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, resmi membuka Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah untuk Program Pascasarjana alias Program Magister (Strata 2).

Legitimasi prodi tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nomor 27/SK/BAN-PT/Min-Akred/VI/2019, tanggal 12 Juni 2019 lalu.

“Prinsipnya, program Ekonomi Syariah ini bakal menjadi wadah untuk mengembangkan keilmuan di bidang ekonomi dan keuangan syariah,” kata Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Dr Zainuddin Syarif kepada beritajatim.com, Sabtu (4/1/2020) malam.

Keberadaan Prodi Ekonomi Syariah tersebut, sekaligus melengkapi dua prodi sebelumnya yang sudah beroperasi di lingkungan Pascasaraja Perguruan Tinggi di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, yakni Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI), serta Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

“Jadi penyediaan program magister khusus Ekonomi Syariah ini merupakan sinyal baru bagi masyarakat Madura. Sebab tidak sedikit lembaga atau pesantren yang sudah mendirikan lembaga keuangan berbasis syariah,” ungkapnya.

Pihaknya berharap nantinya ada lulusan Pascasarjana yang profesional, kompeten dan mampu menjadi konsultan bagi lembaga keuangan. “Persiapan sekaligus pematangan prasarana sedang kita godok, termasuk mempersiapkan para dosen yang kompeten,” tegasnya.

“Bahkan untuk untuk persiapan prasarana maupun SDM sebagai tenaga pengajar, sejauh ini kita juga sudah memiliki tiga dosen berstatus doktor yang disiapkan dalam bidang ekonomi,” sambung dosen alumnus IAI Al-Khairat Pamekasan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengklaim jika saat ini IAIN Madura menjadi salah satu rujukan maupun tolak ukur bidang akademik di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia.

“Saat ini kita mulai berkompetensi di tingkat Jawa Timur, nasional hingga internasional yang disebut dengan Word Class. Dari itu, kami memiliki komitmen bersaing dalam segala bidang. Khususnya dalam memberikan peran secara riil untuk masyarakat Madura,” tegasnya.

Optimisme tersebut bukan tanpa alasan, sebab dari dua prodi yang dijalankan dalam progam Pascasarjana, yakni Prodi HKI dan PAI. Saat ini sudah terakreditasi B. “Untuk prodi ekonomi syariah ini, kita akan buka pendaftaran mahasiswa baru pada semester genap, yakni Tahun Akademik 2020-2021,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar