Pendidikan & Kesehatan

IAIN Jember Jadi UIN KH Achmad Siddiq Tahun Ini

Jember (beritajatim.com) – Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq tahun ini.

“Alhamdulillah, pada 17 Januari 2020, Menteri Agama telah menandatangani surat yang ditujukan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara tentang sembilan IAIN yang bertransformasi menjadi universitas,” kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto, Selasa (4/2/2020).

IAIN Jember memperoleh nilai kelayakan tertinggi diikuti IAIN Surakarta dan IAIN Tulungagung. Nama KH Achmad Siddiq sah digunakan setelah mendapat persetujuan ahli waris keluarga. “Kalau disingkat menjadi UIN KHAS Jember,” kata Babun.

Setelah dua hari dikaji Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, sembilan IAIN yang diajukan Kementerian Agama disetujui menjadi UIN. IAIN Jember masih menempati urutan nilai pertama.

“Kalau tidak ada halangan, Jumat dan Sabtu besok, tim Kementerian PAN akan melihat lebih dekat kampus IAIN Jember,” kata Babun.

Tahun ini juga, Babun mengatakan, IAIN Jember akan membangun gedung ‘vertical garden’. “Kalau kita berjalan di atasnya, kita berjalan di atas taman. Tapi di bagian bawah ada dua kelas perkuliahan. Ini kelas vertical garden pertama di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri,” jelasnya, memperkirakan akan ada 100 kelas yang dibangun. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar