Pendidikan & Kesehatan

IAIN Jember Bagikan Penyuci Hama Tangan dan Nasi Kotak

Jember (beritajatim.com) – Institut Agama Islam Negeri di Kabupaten Jember, Jawa Timur, melakukan gerakan berkelanjutan untuk melawan Covid-19. Selain memproduksi dan membagikan cairan penyuci hama tangan (hand sanitizer), kampus itu juga membagikan nasi kotak untuk masyarakat yang secara sosial terdampak Covid-19.

Aksi bagi nasi kotak dilakukan di wilayah Kecamatan Kaliwates, Jumat (3/4/2020), dengan sasaran tukang ojek, tukang becak, pedagang, dan masyarakat lainnya. “Hari ini kami bagikan 100 kotak. Selasa pekan depan, kami juga akan menyisir di kecamatan pinggiran,” kata Ketua Satuan Tugas Pencegahan Covid-19 IAIN Jember yang juga Wakil Rektor III, Hefni Zein, sebagaimana dilansir Humas IAIN Jember.

Rektor IAIN Jember Babun Suharto mengatakan, kegiatan aksi kemanusiaan tersebut akan dilakukan dua kali dalam seminggu. “Ini merupakaan kepekaan sosial kami, sebagai instansi pemerintah yang juga ikut bertanggung jawab, minimal meringankan beban masyarakat akibat pandemi virus corona ini,” katanya. IAIN Jember juga telah memberikan beras kepada 100 kepala keluarga, yang secara sosial terdampak penyebaran virus corona.

Sebelumnya, IAIN Jember membagikan hand sanitizer gratis ke 100 masjid yang tersebar di 10 Kecamatan, Senin (23/3/2020) lalu. Sepuluh kecamatan itu adalah Tanggul, Jenggawah, Ajung, Patrang, Kaliwates, Kalisat, Jelbuk, Arjasa, dan Bangsalsari. “Kami terjunkan tim dari fakultas dan lembaga untuk membagikan hand sanitizer secara gratis,” kata Hefni.

Hand sanitizer ini merupakan produksi mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. “Kami produksi sebanyak 1000 botol untuk dibagikan kepada dosen, karyawan, serta masyarakat melalui masjid- masjid tersebut,” kata Babun.

Kepala Laboratorium FTIK IAIN Jember Abdul Muhith bersyukur, karena produk yang dibuat oleh mahasiswa Tadris IPA IAIN Jember, bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Dengan adanya produk yang diproduksi oleh mahasiswa ini, minimal bisa membantu masyarakat dalam menjaga penyebaran virus corona,” katanya.

Babun menjamin Hand Sanitizer yang dibagikan oleh tim dari IAIN Jember tersebut, sudah sesuai dengan standar organisasi kesehatan dunia WHO. “Jadi ini sudah diawasi langsung oleh dosen kami yang sudah memiliki keahlian di bidangnya. Jadi tidak perlu kjawatir karena sudah dengan standar dari WHO,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar