Pendidikan & Kesehatan

Huni RSBL Kediri, Ratusan ODGJ Disuntik Vaksin Covid-19

Penghuni Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri yang berlokasi di Desa Butuh Kecamatan Kras, dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan vaksin covid 19.

Kediri (beritajatim.com) – Penghuni Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri yang berlokasi di Desa Butuh Kecamatan Kras, dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur telah mendapatkan vaksin covid 19.

Pemberian vaksin Covid-19 adalah solusi yang dinilai paling jitu dalam mengurangi jumlah kasus Covid-19.

Plt Kepala UPT RSBl Kediri Firdaus Sulistijawan mengatakan, diadakan vaksinasi terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa atau disingkat ODGJ.

“Jumlah sasaran sebanyak 135 orang yang dilaksanakan oleh Tim Vaksinator dari Puskesmas Pelas. Sasaran vaksinasi tahap 3 adalah kelompok rentan diantaranya ODGJ dan disabilitas,” kata Firdaus, Minggu (20/6/2021).

Meskipun sudah mendapatkan vaksin, tentunya harus tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19, seperti dengan memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Diharapkan melalui vaksin terhadap PPKS di lingkungan dinas sosial Jatim akan mensuport herd imunity di Jatim sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur. Yang sudah terlaksana ini di lakukan di Unit pelaksana teknis lanjut usia selanjutny di disabilitas khususnya disabilitas mental yang akan di lakukan ke PPKS-PPKS lainnya.

Selain itu Penghuni RSBL Kediri 86 Penerima manfaat masih terdapat beberapa penerima manfaat yangv belum memiliki NIK sehingga diperlukan rekam para ODGJ. Para penerima manfaat diambil dari rujukan RSJ yang pada umumnya tidak meiliki NIK dan proses dilanjutkan dengan perekaman E KTP sebelum di lakukan vaksin. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar