Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

HSN, Kyai dan Santri PCNU Magetan Kibarkan Merah Putih di Puncak Lawu

Pengibaran Sang Saka Merah Putih di Puncak Gunung Lawu oleh kyai dan santri PCNU Magetan, Sabtu (30/10/2021) (Foto: PCNU Magetan for beritajatim.com)

Magetan (beritajatim.com) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Magetan peringati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 dengan cara beda. Yakni dengan mengadakan upacara bendera di puncak Gunung Lawu, Sabtu (30/10/2021).

Sekretaris PCNU Magetan, Sudarto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat patriotisme dengan merujuk perjuangan para kyai dan santri dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) seperti seruan Resolusi Jihad Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari.

Dalam rangkaian kegiatan upacara tersebut, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih dan bendera NU, disertai membaca Pancasila, UUD 1945, Ikrar Santri dan Resolusi Jihad. Kegiatan itu diikuti oleh 40 peserta, termasuk kyai dan santri serta dapat pengawalan dari Banser sejumlah 17 personel.

“Kegiatan Ekspedisi Santri Lawu ini merupakan perjalanan spiritual bagi kyai dan santri sehingga dapat memupuk kecintaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, bahwa atas keagunganNya yang telah menciptakan makhluk berupa Gunung Lawu yg indah, sekaligus melakukan perjalanan spiritual untuk mengenang para masyayikh dan auliya,” ujarnya, Senin (1/11/2021).

Lebih lanjut Sudarto menjelaskan, para peserta berangkat pukul 14:00 WIB dan sampai di lokasi pukul 21:00 pada tanggal 29 Oktober, lalu keesokan harinya, Minggu (30/10/2021) upacara tersebut dilakukan di depan Tugu Hargo Dumilah yang merupakan penanda puncak Gunung Lawu.

“Upacaranya kita lakukan sekitar pukul 10:00 WIB, setelah selesai kami menyempatkan diri untuk berziarah ke petilasan Sunan Lawu selanjutnya kita turun dan sampai di bawah itu pukul 16:30 WIB,” jelasnya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan