Pendidikan & Kesehatan

Homecare Gambiran Jemput Sukadi, Warga Kelurahan Lirboyo Untuk Dapatkan Perawatan

Kediri (beritajatim.com) – Pasca viralnya video seorang warga kelurahan Lirboyo yang terlantar, Homecare RSUD Gambiran segera ambil langkah tanggap untuk menolong kakek berusia sekitar 74 tahun ini.

“Betul, Jum’at malam setelah kami mendapatkan laporan, saat itu juga kami segera meluncur ke lokasi bapak Sukadi ini yang ada di Kelurahan Lirboyo, untuk segera kami lakukan penanganan”,ungkap Kristika, Koordinator Homecare RSUD Gambiran, Minggu, (17/1/2020).

Ia menjelaskan kondisi Sukadi saat itu, tampak begitu lemah. “Saat kami datang beliau sudah tampak begitu lemah dengan luka di kaki yang cukup besar akibat penyakit diabetes, jadi langsung kami evakuasi untuk dilakukan perawatan di rumah sakit”, imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan di lapangan, Kristika mengungkapkan bahwa sebelumnya pasien ini telah dirawat di rumah sakit Lirboyo, karena sudah dinyatakan membaik akhirnya yang bersangkutan diizinkan untuk pulang dan melakukan rawat jalan.

“Namun karena beliau ini hidup sendiri di rumah, jadi tidak ada yang merawat sehari-hari secara intesif, jadi lukanya tidak ada yang merawat dan makan nya pun juga kurang. Sehingga kemarin itu, kami langsung memutuskan untuk perawatan di rumah sakit sebab lokasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan perawatan dirumah”,terangnya

Meski demikian, Kristika juga bersyukur karena sehari-hari masih ada warga sekitar yang sering menengok Sukadi di rumahnya, termasuk Kelurahan setempat melalui tim respon cepat juga mengupayakan ada orang yang menjaga beliau. “Kemarin ada mas santri juga yang sering inguk-inguk pak Sukadi”,tandasnya.

Lebih lanjut, Kristika menuturkan bahwa saat di RSUD Gambiran, Sukadi ini mendapatkan pelayanan VIP, jalur fast track. “Jadi kami pake jalur khusus, tanpa harus menunggu antre di IGD, karena kondisi daerurat, pasien langsung kami tangani cepat dan kemudian langsung dibawa ke ruang rawat inap”,terang Kristika.

Sementara itu, ia juga menegaskan bahwa setiap pasien Homecare akan dirawat sampai sembuh “Sejauh ini, sejak tahun 2016 ada total 200 pasien yang kami rawat melalui Homecare sampai sembuh, bahkan ada yang sampe tiga tahun terus kami rawat”tegasnya.

Menurutnya, siapun boleh menghubungi Homecare, tidak harus dari perangkat setempat “masyarakat secara 24 jam bisa menghubungi kami melalui nomer 081216087000”,jelasnya. Ia juga memastikan bahwa mereka secepat mungkin akan segera menangani setiap laporan yang masuk ke tim Homecare RSUD Gambiran.

“Biasanya setelah itu kami akan segera lakukan assessment terhadap kondisi pasien, jika darurat segera saat itu juga kami datangi, namun jika tidak darurat maka akan kita jadwalkan untuk melakukan kunjungan ke lokasi pasien”terangnya.

Tidak hanya melakukan perawatan, bahkan seringkali tim Homecare gambiran juga membantu proses pemulasaraan jenazah pasien yang meninggal selama menjalani perawatan.

“Jadi, kami memastikan Homecare RSUD Gambiran ini tidak hanya sekali jalan saja, tapi benar-benar sampai tuntas”,tuturnya. [nm/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar