Pendidikan & Kesehatan

HKN, Prodia dan Dinkes Kota Madiun Gelar Edukasi Cegah Stunting pada Remaja

Remaja perempuan yang mengantre untuk cek hemoglobin sebagai bagian edukasi cegah stunting di Kota Madiun, Selasa (22/11/2022).

Madiun (beritajatim.com) – PT Prodia Widyahusada, Tbk. berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan PPKB Kota Madiun memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Ngrowo Bening EduPark Kota Madiun pada Selasa, 22 November 2022. Program ini dalam rangka mewujudkan dukungan terhadap pemerintah Kota Madiun dalam mencegah stunting pada remaja

Peringatan HKN itu diperingati dengan menggelar edukasi kepada para remaja tingkat Pendidikan SD hingga SMA tentang pentingnya menjaga kesehatan dan upaya mencegah terjadinya stunting di usia remaja, terutama remaja perempuan.

Prodia melakukan pemeriksaan Hemoglobin (Hb) kepada 250 remaja putri tingkat SMP dan SMA yang berpartisipasi dalam kegiatan peringatan HKN ini.

Branch Manager Prodia cabang Madiun, Partini, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan PPKB Kota Madiun yang telah melibatkan Prodia sebagai partner utama untuk bisa mengedukasi masyarakat mengenai bahaya stunting pada remaja dan dampaknya bagi pembangunan daerah.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Daerah Kota Madiun yang melibatkan Prodia dalam proses skrining Hb untuk mencegah terjadinya stunting di kalangan remaja, terutama remaja perempuan. Prodia berharap kontribusi aktif kami dalam kegiatan bersama Pemerintah Daerah Kota Madiun, dapat membangun kepedulian dan perhatian masyarakat melalui upaya-upaya kolaboratif untuk mencegah sedini mungkin stunting di lingkungan masyarakat.” ujar Partini, Selasa (22/11/2022).

Partini menerangkan, kegiatan Pemeriksaan Hb itu adalah bagian dari implementasi program CSR Prodia melalui Prodia cabang Madiun. Kegiatan ini menjadi bentuk komitmen Prodia untuk bisa berkontribusi secara sosial bersama pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Remaja perempuan yang mengantre untuk cek hemoglobin sebagai bagian edukasi cegah stunting di Kota Madiun, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan itu sejalan dengan pilar pertama Prodia Sustainable Action Plan (PSAP), yaitu ikut serta dan berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui promosi paradigma kesehatan.

“Melalui penjajakan kolaborasi dan kerjasama dengan lembaga kesehatan lokal, Prodia yakin dapat memberikan edukasi dan sosialisasi yang komprehensif tentang kesehatan kepada masyarakat secara optimal dan sesuai dengan sasaran. Dengan menjalin kerjasama berkelanjutan bersama pemerintah Kota Madiun selaku pemangku kepentingan, tentunya Prodia berharap hal ini berdampak baik bagi kedua belah pihak dan pada akhirnya menunjang kegiatan usaha Prodia ke depannya,” lanjut Partini.

Terhitung ada 500 peserta dalam kegiatan itu, mereka adalah komunitas sosial, pemerintah daerah, kelompok paguyuban masyarakat, serta sejumlah perwakilan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang beroperasi di Kota Madiun.

“Masyarakat diharapkan turut berpartisipasi sedini mungkin untuk mencegah terjadinya stunting pada remaja di lingkungannya dengan upaya-upaya yang sederhana, seperti mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD) dan memperhatikan pola konsumsi dan nutrisi makanan sehari-hari,” pungkasnya.

Selain pemeriksaan Hb, peringatan HKN ini juga diramaikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti senam bersama, sarapan bersama, edukasi pencegahan stunting pada remaja, dan penampilan hiburan.

Diketahui, kasus stunting saat ini masih menjadi isu kesehatan anak-anak di Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, stunting didefinisikan sebagai kondisi gangguan pertumbuhan dan perkembangan badan balita, anak-anak, atau remaja yang berada dibawah rata-rata umurnya, yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi dan gizi kronis.

Stunting memiliki dampak serius bagi pembangunan bangsa, terutama pembangunan kesehatan terhadap kualitas generasi penerus bangsa. Tentunya perlu keterlibatan aktif antara masyarakat, gugus tugas pelayanan kesehatan, dan pemerintah setempat untuk menekan angka prelevansi stunting di lingkungan masyarakat. [fiq/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar