Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Hipertensi Bisa Serang Remaja, Masyarakat Dihimbau Waspadai

Kepala Dinkes Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti.(Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo mengajak masyarakat di Bumi Reog untuk mewaspadai penyakit hipertensi. Perlu deteksi dini penyakit yang lebih dikenal dengan tensi darah tinggi. Hal itu dilakukan supaya bisa mendapatkan treatmen rutin, sebab cara tersebut yang harus dilakukan untuk penanganan dari penyakit hipertensi ini.

“Penyakit ini sebenarnya tidak menular, tetapi ya harus kita waspadai,” kata Kepala Dinkes Ponorogo, Dyah Ayu Puspitaningarti, Minggu (22/5/2022).

Diakui Dyah sapaan Kadinkes, dulu penyakit ini identik menyerang orang-orang yang sudah lanjut usian (lansia).Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pergeseran pola hidup orang jaman sekarang. Hipertensi saat ini bisa diderita oleh remaja yang berusia 15 tahun ke atas. Maka dari itu, penanganan terhadap penyakit hipertensi itu harus rutin. Pasien harus menjalani pengobatan rutin dan mengikuti setiap fase penyembuhannya.

“Pergeseran pola hidup yang terjadi sekarang, membuat penyakit hipertensi tidak melulu menyerang lansia, remaja berusia 15 tahun ke atas pun berpotensi juga,” katanya.

Data dari Dinkes, di Ponorogo pravelensi hipertensi mencapai 45 persen. Dari jumlah itu, hanya 15 persen saja pasien hipertensi yang sudah terdeteksi oleh Dinkes Ponorogo. Hasil deteksi dini itu kemudian mendapat treatmen rutin sebagai langkah penanganan. Melihat fakta tersebut, Dyah mengatakan butuh percepatan agar deteksi dini itu menyentuh angka pravelensi. Sehingga 27 persen yang belum terdeteksi itu segera terdeteksi dan mendapatkan penanganan.

“Butuh kesadaran masyarakat untuk melakukan percepatan deteksi dini tersebut. Ini untuk kebaikan bersama,” katanya.

Dyah menambahkan jika penyakit ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab, penyakit ini juga bisa berpotensi memicu potensi beberapa. Seperti penyakit struk hingga bisa penyakit jantung. Dia menganjurkan warga untuk mengecek tekanan darah secara rutin.

“Hal sederhana yang harus kita lakukan, salah satunya dengan menerapkan pola makan dan hidup sehat,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar