Pendidikan & Kesehatan

Hindari Covid, Halal Bihalal Pakai Virtual

Halal bihalal dengan virtual.

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah berpuasa 30 hari lamannya, umat muslim di seluruh dunia merayakan Idul Fitri. Dalam momen Idul Fitri, terdapat suatu kebiasaan atau tradisi yang mungkin tidak ada di negara lain, yakni Halal Bihalal. Halal Bihalal merupakan tradisi unik saat lebaran yang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk saling silaturahmi dan saling memaafkan dengan sanak saudara maupun kerabat dekat.

Namun di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, kegiatan Halal Bihalal seperti biasanya belum dapat dilaksanakan. Akan tetapi, berbagai platform media dapat digunakan masyarakat untuk bisa mengadakan Halal Bihalal dalam bentuk virtual.

Hal inilah yang dilakukan oleh Program Studi Kedokteran Hewan UNAIR PSDKU di Banyuwangi untuk melaksanakan Halal Bihalal virtual pada Sabtu (22/05/2021). Melalui platform zoom, kegiatan Halal Bihalal virtual tersebut terlaksana berkat kerjasama Himpunan Mahasiswa Kedokter Hewan (HMKH) dengan seluruh civitas akademika.

Kegiatan yang bertemakan “Kembali ke Fitri dengan Hangatnya Silaturahmi” diisi langsung oleh Kepala Program Studi, Muhammad Thohawi Elziyad Purnama, drh., M.Si. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa silaturahmi menjadi sangat penting untuk menjaga kerekatan diantara sesama.

“Kondisi pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun, dan hampir semua kegiatan kuliah, praktikum dilaksanakan secara daring, tidak akan menyurutkan semangat kita untuk menuntut ilmu. Walaupun hanya sebatas virtual, momen kuliah akan tetap menjadi ajang silaturahmi untuk kita,” ujar Dokter Thohawi.

Silaturahmi, sambungnya, merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan. Banyak keutamaan dalam menjaga silaturahmi dengan sesama manusia yang dijelaskan dalam al Quran dan Hadits.

Lebih lanjut, Dokter Thohawi mewakili segenap dosen dan tenaga kependidikan menyampaikan selamat berlebaran dan menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan.

Senada dengan hal tersebut, Nur Mariyam Kusuma Ketua HMKH periode 2021 juga menyampaikan kegiatan akademik maupun non akademik merupakan ajang silaturahmi yang sangat baik untuk mahasiswa da dosen.

“Kadang kita merindukan suasana kampus secara offline dengan segala kesibukannya. Akan tetapi, untuk sementara waktu, mari kita semua berdamai dengan keadaan yang ada. Jangan sampai kondisi pandemi menurunkan semangat kita dalam berkuliah ataupun berorganisasi,” ungkapnya.

HMKH dan jajaran dosen, lanjutnya, berusaha memfasilitasi semua kegiatan mahasiswa agar kerekatan terus terjalin, meskipun baru sebatas kegiatan virtual.

“Di momen yang berbahagia ini, mari kita semua saling bermaaf-maafan dan terus menjaga hubungan tali silaturahmi. Dari FKH untuk UNAIR dan Indonesia yang kuat,” pungkasnya.

Kegiatan Halal Bihalal tersebut diakhiri dengan salam virtual dari jajaran dosen, tenaga kependidikan, alumni dan perwakilan komting dari setiap angkatan serta games. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar