Pendidikan & Kesehatan

Hindari Covid-19 dengan Iman, Imun, dan Aman

Objek wisata Telaga Ngebel ditutup menjelang tahun baru 2021.(foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Penutupan objek wisata di Ponorogo selama libur tahun baru ini dinilai sudah tepat sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Sebab, lonjakan kasus baru Covid-19 di Bumi Reyog masih terjadi. Data terbaru, jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Ponorogo mencapai 1.206 orang.

“Hari ini ada tambahan sebanyak 16 kasus konfirmasi baru,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Kamis (31/12/2020).

Dari jumlah tersebut, ada 11 orang yang sebelumnya datang ke rumah sakit atau puskesmas dengan berbagai keluhan. Mulai keluhan ringan hingga berat. Setelah dilakukan pemeriksaan PCR didapatkan hasil positif. Kemudian ada 4 orang yang melakukan pemeriksaan PCR mandiri untuk berbagai keperluan dan hasilnya juga positif. Satu sisanya merupakan riwayat kontak erat kasus konfirmasi sebelumnya. Selain ada tambahan kasus baru, Ipong juga mengabarkan bahwa ada 27 pasien yang sudah dinyatakan sembuh.

“Ada juga 27 pasien dinyatakan sembuh. Sehingga total ada 993 pasien yang sudah sembuh,” katanya.

Ipong mengajak masyarakat untuk melakukan solusi komprehensif untuk terhindar dari Covid-19. Solusi tersebutlah yang selama ini sudah digaungkan oleh Pemerintah. Yakni dengan meningkatnya iman, imun dan aman.

Dia menjelaskan yang dimaksud dengan iman, yakni beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk memohon perlindungan-Nya. Menjaga imun dengan istirahat, olahraga, tidak gampang panik dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Dan aman dengan meningkatnya 3 menjadi 5 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

“Untuk menghindari Covid-19, bisa dengan solusi iman, imun dan aman itu,” pungkasnya. [end/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar