Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Himpunan Peneliti Indonesia Jatim Kerjasama dengan ITATS

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah dilantik pada 12 April 2021, pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Provinsi Jawa Timur langsung berkiprah untuk menjalin sinergi dengan lembaga penelitian, khususnya perguruan tinggi.

Mengawali kiprah sinerginya, pada Senin (29/11) Himpenindo Jawa Timur melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama dengan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS). Penandatangan dilakukan di kampus ITATS, Jl. Arief Rachman Hakim No. 100 Kota Surabaya.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor ITATS, Syamsuri, S.T., M.T., Ph.D., dan Dr. Ir. Anang Triwiratno, M.P., Ketua Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Jawa Timur.

“Program kerja keenam Himpenindo adalah menjalin sinergi antara lembaga penelitian, untuk itu hari ini Himpenindo menandatangani perjanjian kerjasama dengan Rektor Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya dan empat Dekan dari Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Fakultas Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi dan Fakultas Teknologi Mineral & Kelautan,” kata Anang Triwiratno.

Ditambahkan oleh Anang, setelah dengan ITATS, Himpenindo akan melanjutkan kerjasama dengan Universitas Pembanguan Nasional (UPN) Surabaya.

Dalam Nota Kesepahaman Bersama ini disebutkan antara ITATS dan Himpenindo akan melaksanakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan peningkatan program kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai visi misi kedua belah pihak.

Bentuk kegiatan pertama, kerjasama dalam bidang peningkatan kapasitas, kompetensi dan profesionalisme peneliti di lingkungan ITATS yang bertaraf international melalui kegiatan-kegiatan pembekalan, pelatihan dan seminar.

Kedua, peningkatan kualitas hasil penelitian bagi peneliti di lingkungan ITATS melalui kegiatan pengembangan dan pengkajian yang dapat segera dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat; Ketiga, menjalin sinergi antara peneliti ITATS dengan lembaga-lembaga penelitian lain; Ketiga, peningkatan dan perlindungan hukum dalam bidang hak kekayaan intelektual bagi peneliti ITATS; Keempat, mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Himpenindo Provinsi Jawa Timur yang berkantor di Jl. Gayung Kebonsari 56 Surabaya ini memiliki 290 anggota peneliti yang tersebar di seluruh Jawa Timur dan bernaung di bawah 23 UPT/organisasi penelitian, pusat dan daerah.

Program kerja utama Himpenindo Jatim mendukung program kerja dan tujuan Himpenindo Pusat dan pembangunan di Jawa Timur.

Pengurus harian Himpenindo Provinsi Jatim: Ketua Dr. Ir. Anang Triwiratno, M.P. (Balitjestro, Kota Batu), Wakil Ketua 1 Dr. Drs. Irtanto, M.Si. (Balitbang Provinsi, Surabaya), Wakil Ketua 2 Dr. Ir. Abdul Hamid, M.P. (Balitbang Provinsi, Surabaya), Wakil Ketua 3 Dr. Ir. Mohammad Cholid, M.Sc. (Balittas, Malang), Sekretaris Dr. Tri Weda Raharjo, SE, M.Si. (Balitbang Provinsi, Surabaya), Wakil Sekretaris Kristian Buditiawan, S.T. (Balitbang Provinsi, Surabaya), Bendahara Dr. Ir. Herrukmi Septarinawati, M.M. (Balitbang Provinsi, Surabaya), Wakil Bendahara Dr. Dra. Iswari Hariastuti, M.Kes. (Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Surabaya).

Sedangkan Dewan Pakar Himpenindo terdiri atas Prof. Dr. Ir. Buana Ma’ruf. M.Sc., M.M., FRINA, IPU (BPPT), Prof. Dr. Drs. Subiyakto, M.P. (Balittas), Prof. Dr. Ir. Udisubakti Ciptomulyono, MEng.Sc. (ITS). [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar