Pendidikan & Kesehatan

Himbauan Ulama Madura di Tengah Pandemi Covid-19

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah ulama di Madura, memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat khususnya para santri, alumni dan simpatisan agar menerapkan tiga hal penting di tengah pendemi virus corona alias Covid-19.

Hal tersebut disampaikan salah satu Dewan A’wan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, KH Moh Thohir Zain Abd Hamid di sela-sela kegiatan Haul Akbar KH Abd Hamid bin Itsbat di Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar, Desa Potoan Dheje, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Senin (11/5/2020).

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hamidy Banyuanyar, KH Mohammad Rofi’ie Baidhowi Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar, KH Hasbullah Syamsul Arifin, serta sejumlah keluarga besar lainnya. Seperti Pesantren Miftahul Ulum Panyepen dan Pesantren Mambaul Ulum Bira Temor, Sokobanah, Sampang.

“Alhamdulillah pada hari ini para masyayih diberikan kesempatan bersilaturrahmi di (Pesantren) Al-Hamidy pasca haul KH Abd Hamid bin Itsbat, sekaligus membahas kondisi sosial masyarakat saat ini dan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat dan alumni Pesantren Al-Hamidy,” kata KH Moh Tohir Zain Abd Hamid.

Dari hasil musyawarah keluarga besar Bani Itsbat tersebut, terdapat tiga himbauan kepada seluruh masyarakat yang saat ini tengah menghadapi wabah Covid-19. “Adapun himbauan ini, pertama kita harus hidup hemat dan tidak berlebihan, kalaupun ada uang kita harus berbagi dengan masyarakat karena saat ini paceklik,” ungkapnya.

“Yang kedua perbanyak ibadah dan bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, ketiga hidupkan kembali lahan-lahan kosong dengan menanami tanaman yang mendukung ketahanan pangan. Karena situasi lagi kurang baik,” sambung tokoh muda yang akrab disapa Kiai Tohir.

Himbauan tersebut tersebar luas di berbagai jejaring media sosial (medsos), khususnya di berbagai grup alumni pesantren. Bahkan sejumlah pejabat pemerintah juga ada yang memposting video yang berdurasi singkat melalui jejaring medsos pribadi. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar