Pendidikan & Kesehatan

Himbauan PMI Pamekasan Bagi Keluarga Pasien

Pamekasan (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, mengeluarkan himbauan bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah agar membawa pendonor darah pengganti sebagai langkah antisipatif atas penyebaran virus corona alias Covid-19.

Himbauan tersebut tertuang dalam surat resmi PMI Pamekasan, Nomor 12/02.06.09/UMUM/III/2020 tentang Himbauan Membawa Donor Pengganti yang ditanda tangani oleh Ketua PMI Pamekasan, Bambang Edy Suprapto tertanggal Senin (16/3/2020).

Selain itu, himbauan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Gubernur Provinsi Jawa Timur, Nomor 443/4146/201.3/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Covid-19 di Jawa Timur, serta Surat Edaran Bupati Pamekasan Nomor 443.32/122/432.302/2020 tentang hal serupa.

“Bersamaan dengan ini kami sampaikan bahwa kondisi saat ini juga mempengaruhi ketersediaan stok darah, sehingga kami memberlakukan kebijakan berupa himbauan kepada keluarga pasien agar membawa pendonor darah pengganti,” kata Ketua PMI Pamekasan, Bambang Edy Suprapto, melalui Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah, Selasa (17/3/2020).

Namun demikian pihaknya tetap akan berupaya maksimal untuk mempertahankan stok darah di unit yang dipimpinnya. “Kebijakan ini kita lakukan sebagai langkah antisipatif, sehingga dalam beberapa hari kedepan ketersediaan darah tetap sesuai harapan,” ungkapnya.

Disinggung soal masa berlaku himbauan tersebut baru akan berakhir jika ada pemberitahuan lebih lanjut, khususnya dari instansi terkait. “Soal deadline dan masa berlaku, kita menunggu pemberitahuan dari pemerintah lebih lanjut,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar