Pendidikan & Kesehatan

Hewan Kurban Sehat, DKPP Kota Mojokerto Berikan SKKH ke Penjual

Mojokerto (beritajatim.com) – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban. Pemeriksaan jelang Idul Adha ini dilakukan untuk mengetahui layak tidaknya kondisi hewan yang akan dikurbankan.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, DKPP Kota Mojokerto, Supriyanto mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan berupa pemberian vitamin dan obat cacing. “Melalui pemeriksaan ini, Pemkot ingin menjamin kesehatan hewan kurban,” ungkapnya, Senin (5/8/2019).

Pemkot Mojokerto ingin menjamin kesehatan hewan kurban di Kota Mojokerto dalam kondisi bebas penyakit sehingga daging yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Jika hewan dinyatakan sehat, maka akan diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“SKKH akan diberikan kepada para peternak atau penjual, SKKH berlaku hanya satu minggu. Dan jika dalam pemeriksaan ditemukan hewan yang tidak sehat, maka kami akan memberikan tanda berupa stempel supaya hewan tersebut tidak dijual untuk disembelih,” katanya.

Masih kata Supriyanto, pemeriksaan dilakukan secara intensif tidak hanya dilakukan menjelang Idul Adha saja. Tapi sudah menjadi program rutin dari DKPP Kota Mojokerto, namun jelang Idul Adha, cakupannya lebih luas karena banyak penjual hewan kurban dari luar kota.

“Saat hari pelaksana nanti, kami dibantu tim dari Universitas Brawijaya untuk pendampingan di setiap kelurahan. Pendampingan ini, tidak lain untuk pemeriksaan hewan kurban yang telah disembelih apakah mengandung cacing hati atau tidak,” ujarnya.

Jika ditemukan ada cacing hati, pihaknya akan menyarankan agar hewan tersebut untuk dibuang. DKPP juga memberikan pelatihan bimbingan teknis (bimtek) pada 40 takmir dari 18 kelurahan di Kota Mojokerto oleh Kementerian Agama (Kemenag) dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI).

“Bimtek mencakup tentang kesejahteraan hewan. Kami berharap dengan adanya pembinaan kepada para takmir ini, mereka dapat mengaplikasikan penanganan dan penyembelihan hewan kurban dengan baik. Sehingga, pelaksanaan Idul Adha berjalan lancar di setiap kelurahan,” tegasnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar