Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Hebat! Siswa MAN 2 Kota Malang Sabet Prestasi Internasional

Emilda Putri Aulia, siswa berprestasi internasional dari MAN 2 Kota Malang

Malang (beritajatim.com) – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Emilda Puteri Aulia, berhasil menyabet medali perak dalam ajang olimpiade Kimia internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) tahun 2022. Ajang tersebut yang berlangsung secara daring di Tianjin, China.

“Alhamdulillah, salah satu siswa MAN 2 Kota Malang berhasil memperoleh medali perak dalam ajang 54th International Chemistry Olympiad (IChO) 2022 untuk pelajar SMA sederajat,” jelas Husnan, Kepala MAN 2 Kota Malang, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Selasa (19/07/2023).

Mohammad Husnan memaparkan jika IChO merupakan ajang olimpiade bergengsi internasional di bidang kimia antar pelajar tingkat menengah. Tahun 2022 peserta IChO mencapai 332 peserta dari total 83 negara.

Sebelumnya rangkaian kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak 10 hingga 18 Juli 2022. Ada empat pelajar yang mewakili Indonesia dalam ajang IChO. Diantaranya yaitu Kevin Lius Bong (SMA Kristen Petra 1 Surabaya), Muhammad Dihya Aby Abdi Manaf (SMA QSBS Al Kautsar 561 Tasikmalaya), Emilda Puteri Aulia (MAN 2 Kota Malang), dan Nathanael Reza Putra Widjaja (SMA Santo Yakobus Jakarta).

Empat pelajar itu sudah melewati serangkaian proses seleksi berjenjang yang ketat. Seleksi dilakukan dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional dilanjutkan dengan tahapan pembinaan.

Selanjutnya, tiga tahapan pelatihan nasional bidang kimia yang harus dijalani calon peserta dalam proses seleksi. Pada tahap pertama, dari 30 siswa akan dipilih menjadi 18 anak. Pada tahap kedua, seleksi memilih empat siswa terbaik. Tahap ketiga, empat siswa terpilih dipersiapkan untuk berkompetisi di ajang internasional.

Emilia Puteri Aulia sudah melakukan beberapa tahapan tersebut hingga berhasil menyabet medali perak. “Barakallah. Semoga senantiasa penuh keberkahan, kebermanfaatan, dan keistiqomahan.” Imbuh Husnan berbahagia atas pencapaian MAN 2 Kota Malang. [dan/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar