Pendidikan & Kesehatan

Hasil Uji Swab Pegawai dan Keluarga Negatif, UPT Puskesmas Puri Kembali Dibuka

UPT Puskesmas Puri di Jalan Desa Tangunan, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Puri di Kabupaten Mojokerto kembali dibuka pasca ditutup sementara pada, Senin (13/7/2020) lalu. Di buka kembalinya pelayanan di UPT Puskesmas Puri setelah, sebanyak 43 pegawai dan keluarga menjalani uji swab dengan hasil negatif.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto mengatakan, UPT Puskesmas Puri kembali dibuka mulai hari ini, Jum’at (17/7/2020). “Iya pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Puri kembali dibuka karena hasil uji swab seluruh pegawai dan keluarga yang kontak dekat dengan pasien, negatif,” ungkapnya.

Masih kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, seluruh pegawai mulai dari petugas medis, tenaga administrasi, keamanan hingga keluarga dinyatakan negatif. Hasil uji swab dengan hasil negatif menjadi pertimbangan dibukanya kembali UPT Puskesmas Puri.

“Mereka menjalani uji tes swab di Labkesda dan hasil pemeriksaan RT-PCR atau tes swab keluar pada Selasa dengan hasil negatif. Dengan hasil tersebut, hari ini semua petugas kembali bertugas seperti semula untuk kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat karena masyarakat kan butuh mendapatkan pelayanan kesehatan” tegasnya.

Namun sebelum akhirnya kembali dibuka pelayanan di UPT Puskesmas Puri, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto melakukan sterilisasi. Yakni dengan cara menyemprot cairan disinfektan dan alat UV. Saat Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat pertama ini kembali dibuka aman bagi masyarakat yang ingin berobat.

“Kemarin sebelum dibuka kami lakukan penyemprotan disinfektan secara masif, baik di luar maupun di dalam gedung UPT Puskesmas Puri. Semua upaya dilakukan demi masyarakat saat berobat ke UPT Puskesmas Puri aman dan tidak khawatir,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 24 pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Puri di Kabupaten Mojokerto menjalani karantina, menyusul satu tenaga kesehatan (nakes) diketahui terpapar Covid-19. Sehingga pelayanan di UPT Puskesmas Puri ditutup selama satu minggu. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar