Pendidikan & Kesehatan

Hasil Uji Swab 2 PDP Warga Kota Mojokerto Negatif

Sebaran sebaran Covid-19 Kota Mojokerto per tanggal 24 Maret 2020. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hasil pengujian spesimen (swab) dua dari tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terduga virus corona (Covid-19) warga Kota Mojokerto dinyatakan negatif. Sementara hasil uji swab satu PDP yang menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) rujukan Sidoarjo belum keluar.

Ketiga PDP tersebut berasal dari Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kelurahan Kauman dan Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto menjalani perawatan di RS rujukan Sidoarjo. Meski satu PDP belum keluar uji swab, namun kondisinya semakin membaik.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. “Ada 3 PDP, alhamdulillah yang 2 PDP hasil tes swab negatif. Jadi ini tinggal 1 PDP yang masih dalam pemantauan kita, yang sekarang berada di rumah sakit rujukan yang ada di Sidoarjo,” ungkapnya, Rabu (25/3/2020).

Masih kata Ning Ita (sapaan akrab, red), satu PDP yang kini menjalani perawatan di ruang isolasi di RS rujukan yang ada di Sidoarjo. PDP berjenis kelamin laki-laki tersebut, sebelumnya sempat mengantar kliennya ke Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

“Dia ini seorang driver sehingga terindikasi terpapar di sana. Sedangkan 2 PDP yang hasil uji swab nya dinyatakan negatif, 1 PDP memiliki riwayat dari luar negeri dan 1 PDP dari Malang red zone. Jadi hari ini, hanya tinggal satu itu PDP-nya karena yang dua dinyatakan negatif hasil tes swab,” katanya.

Menurutnya, karena hasil uji swab negatif sehingga kedua PDP tersebut diizinkan pulang. Hal ini tak lepas dari kondisinya yang semakin membaik. Sementara satu PDP yang hasil swab-nya belum keluar, lanjut Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini, kondisinya juga semakin membaik.

Sementara update sebaran Covid-19 per tanggal 24 Maret 2020, di Kota Mojokerto terdapat tiga PDP (dua PDP hasil swab negatif) dan 55 Orang Dalam Pengantauan (ODP). Mereka tersebar di 11 kelurahan dari 18 kelurahan yang ada di Kota Mojokerto. ODP paling banyak dari Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari.

Sedangkan 3 PDP dari Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kelurahan Kauman dan Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon. Sementara 55 ODP, dua ODP dari Prajurit Kulon, empat ODP dari Mentikan. Kelurahan Sentanan, Jagalan dan Gedongan masing-masing satu ODP.

Kelurahan Miji dan Meri masing-masing dua ODP, Balongsari dan Magersari masing-masing tiga ODP, Kedundung 10 ODP dan Kelurahan Wates 26 ODP. Sementara di Kabupaten Mojokerto, ada enam PDP. Lima PDP dirawat di RSUD Prof Dr Soekandar, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Sedangkan satu PDP dirawat di RS rujukan di Sidoarjo. Empat dari Lima PDP yang dirawat di RSUD Prof Dr Soekandar hasil uji swab dinyatakan negatif. Karena kondisinya membaik, keempat PDP yang dirawat di RSUD Prof Dr Soekandar sudah diizinkan pulang. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar