Pendidikan & Kesehatan

Hasil Uji Laboratorium PMI Positif Asal Brunei Belum Keluar

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan membenarkan kalau saat ini spesimen satu pekerja migran Indonesia (PMI) asal Brunei Darussalam yang terpapar Covid-19 masih dalam pemeriksaan. Dia tak bisa memastikan kapan hasil bisa keluar.

“Tidak tahu kapan hasilnya keluar, karena hanya ada satu laboraturium yang digunakan seluruh Jatim untuk melakukan cek spesimen swab para PMI, tujuannya kan untuk mengetahui apakah ini varian baru atau bukan,” kata Kabid P2P (pengendalian dan pemberantasan penyakit) Dinas Kesehatan Magetan dr. Rohmat Hidayat kepada beritajatim.com, Jumat (18/6/2021).

Rohmat mengungkapkan, tidak semua PMI menjalani pemeriksaan. Lantaran, ada yang pulang melalui Jawa Barat maupun Jawa tengah. Sementara, di kedua provinsi tersebut sudah memiliki protap sendiri untuk memperlakukan para PMI yang kembali ke tanah air.

“Seperti di Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki protap untuk mengisolasi para PMI selama lima hari. Dan setelah itu mereka bsia langsung pulang ke kampung halaman jika hasil swab PCR negatif,” katanya.

Itulah yang membuat mereka tak bisa melakukan pengamatan langsung. Namun, pihaknya percaya jika memang tidak ada gejala berarti mereka semua sehat. Toh, laporan terkait kepulangan mereka tetap dilaporkan ke Satgas Penanganan PMI yang dinahkodai langsung oleh Komandan Kodim 0804 Magetan.

“Dan yang kami periksa kali ini memang yang menjalani isolasi mandiri di wisma karantina saja, ini masih ada tiga orang yang bakal jalani tes swab,” ujarnya.

Total sudah ada 210 pekerja migran asal Magetan yang pulang ke kampung halaman. Sementara hasil pemeriksaan dari Dinas Kesehatan menunjukkan kalau para PMI tak terpapar corona virus disease atau Covid-19. “Kecuali satu yang sempat terpapar beberapa waktu lalu, semoga bukan varian baru,” tandasnya. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar