Pendidikan & Kesehatan

Hasil Tes Swab, 39 Warga Sidomulyo Mojokerto Belum Keluar

Lingkungan Sidomulyo Gg 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Hasil swab Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi 39 warga Lingkungan Sidomulyo Gg 4, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto hingga kini belum keluar. Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mendesak agar hasil cepat keluar.

Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo mengatakan, mereka yang menjalani tes swab PCR tersebut terdeteksi memiliki riwayat kontak erat dengan 5 warga setempat yang terkonfirmasi Covid-19 sebelumnya.

“Sebanyak 5 warga ini, menjalani perawatan di rumah observasi Rusunawa Cinde. Sehingga perluasan tracing dari 5 orang positif Covid-19, ada 39 warga yang melakukan kontak erat. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mereka harus di swab PCR kemarin,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Namun hingga saat ini, hasil swab PCR ke 39 warga tersebut belum keluar. Hasil tes swab PCR ini nantinya akan dilakukan analisis untuk menghentikan laju transmisi serta mengurangi jumlah orang baru yang terinfeksi oleh virus. Namun meski tingkat akurasi tes PCR cukup tinggi, tetapi pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Pemeriksaannya cukup lama sekitar 1 hingga 7 hari, sampai saat ini hasil tes belum diketahui. Kita harapkan hari ini hasil tes swab PCR bisa diketahui, agar tindak lanjutnya bisa lebih cepat. Masih dilakukan pendalaman, jika kelima pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sering beaktifitas di luar kota, maka perlu diketahui status kota itu sendiri,” katanya. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar