Pendidikan & Kesehatan

Kuota Nasional Hanya Terisi 94,82 Persen

Hasil SNMPTN Tahun 2020 Diumumkan Siang Ini

Surabaya (beritajatim.com) – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah diumumkan pada siang ini oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Rabu (8/4/2020) pukul 13.00 WIB.

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof. Dr. Mohammad Nasih, menyampaikan bahwa secara nasional LTMPT menetapkan daya tampung untuk PTN dan PTS sebanyak 101.772 mahasiswa baru, sementara pendaftar total sesuai dengan yang eligible yakni 489.601.

Dari keseluruhan daya tampung tersebut, Prof Nasih mengatakan bahwa hanya terisi 94,82 persen untuk PTN/PTS diseluruh Indonesia, yakni dengan jumlah total yang diterima sebanyak 96.496.

“Artinya tidak semua perguruan tinggi terisi penuh. Sedangkan untuk prosentase penerimaan nasional melalui SNMPTN mencapai 19,74 persen,” ungkap Prof Nasih, Rabu (8/4/2020).

Pada tahun ini, Prof Nasih menambahkan bahwa penerimaan melalui KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah mencapai 26,32 persen. Dengan jumlah pendaftar KIP Kuliah 95.346 ada 25.398 yang diterima.

Kemudian Prof Nasih mengimbau kepada peserta yang dinyatakan lulus seleksi untuk memperhatikan informasi dengan detail di masing-masing PTN yang diterima karena ada aturan yang berbeda pada setiap PTN.

Proses lanjutan seperti verifikasi berkas dan daftar ulang pun dilakukan secara online di website masing masing PT, sehingga dapat meminimalisir penularan pandemi Covid-19 yang tengah terjadi. Untuk itu Prof Nasih mengajak seluruh peserta yang lulus untuk sama sama menjadi duta pecegahan Covid-19.

“Sebagai rasa syukur akan diterima SNMPTN. Mari kita menjadi duta pencegahan Covid-19. Peran saudara semua, sebagai duta dengan memberikan edukasi kepada masyarakat amat berarti. Hal ini juga akan menjadi landasan bagi saudara untuk sukses di masa depan,” ungkapnya.

Bagi yang belum diterima agar lebih optimis untuk melakukan porses tes selanjutnya. Yakni SBMPTN yang Insya Allah akan kita laksanakan prosesnya di Bulan Juni dan Juli 2020.

Rencananya proses pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5-12 Juli 2020. Hasil SBMPTN pun akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

“Namun, waktu tersebut masih bersifat tentatif. Artinya, jika kondisi masih belum memungkinkan makan akan dilakukan penjadwalan ulang. Meski demikian, kita semua harus optimis agar UTBK bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut,” terangnya.

Selanjutnya, perihal mekanisme pelaksanaan karena waktu yang mepet, pada UTBK tahun ini akan ada perubahan dan penyesuaian. Pertama, pada saat mendaftar UTBK dilakukan dalam waktu bersamaan dengan daftar SBMPTN. Yakni program studi dipilih diawal.

Kedua, pihak LTPMT tidak akan mengumumkan nilai UTBK seperti tahun lalu.Jadi mekanismenya pengumumannya akan secara langsung, usai ujian akan ditetapkan untuk kelulusan sekaligus diumumkan.

“Sekali lagi, alasan utamanya adalah karena kondisi yang tidak biasa. Mari kita persiapkan dengan sebaik baiknya. Tetap di rumah dan belajar di rumah dengan maksimal. Insya Allah hal itu sudah cukup untuk bekal UTBK,” pungkasnya. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar