Pendidikan & Kesehatan

Hari Pertama, Peserta UTBK di Unair Manfaatkan Rapid Test Gratis

Surabaya (beritajatim.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama, Minggu (5/7/2020) di Universitas Airlangga (Unair) berlangsung lancar. Semua server lancar tidak ada kendala berarti. Demikian ditegaskan Rektor Unair Prof Muh Nasih.

Prof Nasih mengatakan bahwa semua protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 telah diterapkan, tak terkecuali rapid test. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar, server lancar, semua tertib. Bahkan ketika saya jalan lihat-lihat (ruang ujian, red) suasana sepi sekali seperti tidak ada kegiatan,” ujar Prof Nasih, Minggu (5/7/2020).

Di hari pertama ini masih banyak peserta yang tidak tahu kewajiban menyertakan hasil negatif swab atau non reaktif rapid. Beruntungnya Unair dan dibantu oleh beberapa pihak bisa menyelenggarakan rapid tes gratis bagi peserta UTBK yang tidak mampu.

“Ada beberapa yang tidak tahu, jadi mereka memanfaatkan rapid test yang kami sediakan. Di batch pertama sesi satu ini, sudah sekitar 60 peserta yang rapid di sini,” tukasnya.

Riza Camelia, peserta dari Magetan yang turut memanfaatkan fasilitas rapid tes gratis mengatakan bahwa awalnya ia tidak tahu ada kewajiban tersebut.

“Saya cek kirim email kemarin lusa ke Unair, katanya tidak wajib rapid. Tetapi baru kemarin malam, saat ada live di TV, tahu kalau ada keharusan rapid test. Jadi saya sempat bingung. Karena saya sudah berada di Surabaya dan tidak tahu di mana tempat rapid test. Untungnya pengumunan lanjutannya disediakan rapid gratis di Unair,” ungkap Riza.

Sama dengan Riza, Dwika Puji Astuti, peserta dari Bojonegoro juga mengaku panik. Karena ia tidak tahu ada kewajiban untuk rapid tes sebelumnya. “Saya update pengumuman di Instagram Unair, jadi saya langsung ikut rapid di Unair,” pungkas Dwika. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar