Pendidikan & Kesehatan

Hari Ini, Stok Darah di UTD PMI Pamekasan Sebanyak 332 Kantong

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 332 kantong stok darah dari berbagai jenis (golongan) berbeda tersedia di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, khususnya memasuki pekan kedua Agustus 2020.

Hal tersebut tidak upaya pihak UTD yang terus berkomitmen untuk selalu menyiapkan stok darah, khususnya di tengah pandemi virus corona alias Covid-19 yang selama ini membuat mereka berupaya maksimal mempertahankan ketersediaan stok darah.

“Saat ini stok darah di UTD PMI Pamekasan terdata sebanyak 332 kantong, meliputi sebanyak 29 kantong jenis A, 154 jenis B, 115 jenis B, serta sebanyak 34 kantong jenis AB,” kata Kepala UTD PMI Pamekasan, Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com, Sabtu (15/8/2020).

Jumlah tersebut tidak lepas dari upaya UTD PMI Pamekasan, yang saat ini kembali melakukan aksi ‘jemput bola’ guna mendapatkan darah, sekalipun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi berbagai kemungkinan tentang pandemi Covid-19.

“Kemarin saat perayaan HUT Ke-59 Pramuka kita mendapatkan tambahan sebanyak 18 kantong darah, bagi kami satu kantong darah saja sudah sangat berharga dan masuk katagori sangat banyak,” ungkap pria yang akrab disapa dr Syafi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga terus berkomitmen untuk selalu menyiapkan ketersediaan stok darah di unit yang dipimpinnya. “Alhamdulillah stok darah hingga saat ini masih aman, hal itu tidak lepas dari upaya kami melakukan berbagai kegiatan sosial (donor darah) hingga ke kampung-kampung maupun desa,” jelasnya.

“Bagi kami dan UTD PMI Pamekasan, ketersediaan darah untuk pasien adalah sebuah kehormatan dan harga mati. Dari itu mari kita bersama-sama membantu sesama melalui kegiatan donor darah, setetes darah untuk kemanusiaan,” pungkasnya. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar